The Power of Donor Darah




Siang tadi saya sengaja mampir ke GSG (Gedung Serba Guna) ITB, bukan tanpa tujuan, tapi emang udah diniatin berangkat dari kosan buat donor darah. Ya, Alumni ITB'92 (pas banget sama tahun kelahiran saya) ngadain reuni gitu, dan salah satu acaranya adalah donor darah. Kali ini adalah ke-7 kalinya saya mendonorkan darah. Takut? hmm... udah ga ada lah ya *sok berani* hahaha... tapi beneran, karena udah biasa jadi ga kerasa sakitnya, yang ada cuma seneng tiap kali darah ini bisa mengalir menuhin kantong :))

Semua berawal saat saya SMP. waktu itu ibu saya sempet sakit dan harus dioperasi karena ada semacam tumor di rahimnya (entahlah waktu itu saya tak terlalu mengerti penyakitnya) yang jelas ibu butuh banyak banget darah untuk bisa dioperasi, 3 kantong banyaknya. Dan kalian tahu apa golongan darah ibu saya? AB. Ya, golongan darah AB yang jenisnya kata dokter termasuk langka, dan waktu itu tidak ada stoknya di PMI. Kami sekeluarga panik banget waktu nyari orang yg golongan darahnya cocok. Semua sanak saudara dan teman-teman dihubungi biar bisa donorin darahnya buat ibu. Susah banget nyari yang golongan darahnya AB. Adapun tidak semua orang berani menyumbangkan darahnya, entah takut jarum suntik, takut darah, atau bahkan takut tertular penyakit kalau mendonorkan darahnya. Entahlah, macam-macam alasannya. Yang jelas menurut saya, kalau ada orang yang gamau donorin darahnya di saat orang lain sangat membutuhkan padahal ia mampu, dia adalah orang yang tidak punya hati, apapun alasannya. Alhamdulillah waktu itu masih ada orang-orang baik yang mau mendonorkan darahnya sehingga operasi ibu saya berjalan lancar dan masih sehat sampai sekarang :')

Pas SMA barulah bisa saya mendonorkan darah. Yang bikin saya agak shock waktu itu adalah selama ini saya mengira golongan darah saya A karena notabene kakak dan bapak saya golongan darahnya A, dan ibu saya AB, tapi ternyata setelah di cek, golongan darah saya B lho, tapi saya bisa paham kok gara-gara pelajaran Biologi hihihihi ^^

Sejak SMA tiap kali ada acara donor darah saya pasti ikut. Pokoknya prinsip saya, selama bisa jadi pendonor harus mau donor daripada jadi yang didonorin darahnya (alias yang sakit). Walaupun sempet juga beberapa kali saya ditolak jadi pendonor gara-gara kondisi badan yang kurang fit. Lagian ga ada ruginya kok donor darah, toh darah kita bakal nambah lagi walaupun udah kita donorin, diganti jadi darah yang lebih seger malahan :D selain menolong sesama yang membutuhkan dan dapet pahala tentunya, kita juga jadi tau kan kondisi badan kita lagi sehat atau enggak kan tiap mau donor kita diperiksa dulu. Kalo sehat ya Alhamdulillah bisa donor, kalo ga dibolehin donor itu jadi peringatan buat diri sendiri kan kalo kita emang lagi kurang sehat dan udah seharusnya lebih menjaga kesehatan, iya kan? Satu lagi bonus kalo kita donor darah ya dapet makanan atau hadiah-hadiah dari penyelenggara hehehe :D

Yuk donorkan darah kita. Jangan takut! 
karena setetes darah kita sangat berharga bagi hidup mereka :)


kartu donorku :)


Bandung, 07 July 2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on July 07, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply