Day 9 - KKN Tematik ITB at Desa Cihurip Garut

Dua ekor kebo :3
Entahlah, sampai sore tadi yang berkesan hari ini buatku hanyalah dua ekor kerbau di atas hahaha. Ya, hari ini kondisi badan saya memang tidak terlalu fit, ditambah mood yang memang lagi jelek banget dari semalem. Tadi pagi sebenernya ada acara main bola lagi ke SD Cihurip 01 di atas, tapi karena kaki saya gabisa diajak kompromi ya sudahlah saya pasrah saja gabisa ikutan kesana daripada cedera kambuh lagi ☹ alhasil saya cuma tiduran di rumah sambil nonton ftv pagi, untung ada Farhan unyu yang bisa diajak main jadi ga bosen deh :D Denger-denger sih tim kloter3 kalah tipis sama Cihurip FC 4-3 cmiiw.

Sorenya semangat lagi buat ngajar anak-anak di ponpes seperti biasa. Energi dari anak kecil memang selalu luar biasa ya ‎​\(´▽`)/‎​​ tapi sayang hari ini si Reva kesayanganku ga dateng padahal hari ini kita belajar matematika ☹ jadinya tadi saya ngajarin Lies yang rikues minta diajarin bahasa inggris. Walaupun sudah kelas6 SD, namun memang kemampuan berbahasa inggris anak-anak di desa ini masih sangat minim. Diperlukan kesabaran ekstra untuk membuat mereka paham dalam pelajaran yang satu ini.


Malamnya ternyata ada kegiatan yang bikin mood naik. Pembagian rapor di pondok pesantren. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa bagiin rapor malem-malem? Hmmm... Sebenernya saya sendiri juga gatau sih alesannya kenapa. Tapi acara yang satu ini memang menarik banget dan baru pertama kali saya temui.

Jadi selepas isya acara dimulai dengan sambutan sari Pak Ustadz Nandang selaku ketua ponpes, Pak RT Undang, juga ada kiki perwakilan dari mahasiswa yang emang jago pisan bahasa sunda. Jadi acara ini tuh semacam Award night gitu kalo bisa saya deskripsikan. Ada beberapa kategori 'ter-' dan pemenangnya diminta naik ke panggung trus dapet hadiah, kita para mahasiswa KKNT yang bertugas ngasih hadiahnya itu ke para pemenang. Hadiahnya kebanyakan berupa alat tulis gitu kan buat tahun ajaran baru nanti. Seneng banget ngeliat ekspresi anak-anak yang pada menang :D 

Banyak banget warga yang dateng ke acara ini buat nonton, terutama para orangtua siswa ponpes. Trus ada juga beberapa warga yang jual makanan seperti bakso dan beberapa jajanan lain di jalanan depan ponpes. Pokoknya rame banget deh ;) trus di panggung juga ditampilkan beberapa kesenian siswa seperti marawis dan khasidahan. Nuansa islami melekat banget di acara ini mengingat 100% warga disini memang muslim dan juga dalam menyambut bulan suci ramadhan beberapa hari lagi :)


Sekitar jam10 malam tadi acara dilanjutkan dengan makan-makan, tapi karena barudak terutama yang cewe udah pada katirisan dan takut kemaleman, jadi pada pulang deh. Melewati pematang sawah dan jalanan yang gelap karena pltmh masih belum beres, saya rahmi ana el vani mudita dan beberapa anak lain berjalan beriringan pulang kerumah di RT01 (ponpes lokasinya di RT02) hanya ditemani beberapa nyala sinar senter dan cahaya bintang. Cukup romantis juga sih sebenernya disini tiap malem disuguhin langit luas tanpa batas bertabur bintang, planetarium alam :') Subhanallah.



Cihurip, 17 Juli 2012.


Hesti Nuraini
18110030
Teknik Telekomunikasi 2010
Institut Teknologi Bandung

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

This entry was posted on July 17, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply