Bioengineering (Rekayasa Hayati) ITB

Bioengineering : "Ilmu Kehayatian" dan "Teknik"

Di ITB, Program Studi Rekayasa Hayati atau yang lebih sering disebut Bioengineering (BE) termasuk program studi yang masih sangat muda dan merupakan jurusan Bioengineering pertama di Indonesia. Di dunia aja masih jarang lho Universitas yang memiliki program studi ini.  Prodi ini didirikan secara resmi pada Juli  2010. Jadi, kakak-kakak angkatan 2010 merupakan angkatan pertama Bioengineering. Karena termasuk prodi baru, perkuliahan Bioengineering diselenggarakan di dua kampus ITB, yaitu di kampus Ganesha (Jl. Ganeca no. 10 Bandung) dan kampus Jatinangor (Jl. Winaya Mukti no. 1 Jatinangor), barengan sama  beberapa prodi baru lain yang baru dibuka oleh ITB.

Jadi secara garis besar, bisa dibilang Bioengineering itu gabungan SAINS sama TEKNIK, yang tujuannya mengoptimalisasi bioproduk dari tumbuhan. Bioengineering di ITB bermain rekayasa makhluk hidup sampai tingkat tumbuhan aja, tapi kalau di luar negeri, contohnya MIT, udah masuk ke rekayasa organ-organ tubuh manusia lho, hebat kan?

Mengapa ITB meluncurkan jurusan Bioengineering? Indonesia, sebagai negara tropis, memiliki keaneka-ragaman Sumber Daya Hayati (SDH) yang sangat potensial. Untuk meningkatan manfaat dan produktivitas SDH dibutuhkan pengelolaan secara profesional agar dapat dioptimalkan. Karena itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang secara profesional memiliki kompetensi dalam perekayasaan sistem produksi berbasis bioproduk.

Wah, kok kayaknya keren gitu ya memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia, jadi apa aja nih yang dipelajari di Bioengineering? Yang utama sih tetep biologi, tapi Bioengineering lebih sedkit materi biologinya daripada jurusan Biologi maupun Mikrobiologi. Kalau dipresentasekan nih, pelajaran biologinya cuma sekitar 60%, kalau Biologi/Mikrobiologi sekitar 90%. Terus ada juga pelajaran Matematika juga sekitar 25%, Fisika 10%, Kimia 15%, dengan beban yang tidak terlalu berat tentunya. Yang menarik, nantinya mahasiswa Bioengineering akan diajarkan mengenai Bioreaktor, yaitu suatu sistem yang mampu menyediakan sebuah lingkungan biologis yang dapat menunjang terjadinya reaksi biokimia dari bahan mentah menjadi bahan yang dikehendaki. Nah, lengkap banget kan ilmu-ilmu yang akan kamu dapatkan di jurusan ini, Sahabat Ganesha.

Program Studi Bioengineering ITB nggak cuma menjembatani bidang ILMU KEHAYATIAN dan TEKNIK, tapi juga dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan Sarjana (Bioengineers) yang mampu mengaplikasikan dasar-dasar Ilmu Teknik dalam pengembangan industri bioproduk dengan penekanan pada produk nabati.

Walaupun prodi baru, namun prospek kerja Bioengineering cukup luas. Mulai dari bidang perkebunan, pertanian, kesehatan, industri obat-obatan, makanan dan pakan, hingga perusahaan pupuk, pokoknya yang berbau hayati semua bisa di masukin. Bioengineers diharapkan menjadi seseorang yang mampu membangun pabrik berbasis hayati. Misal membuat pabrik bioetanol dari tumbuhan jarak, Bioengineers harus bisa mengoptimalisasi produksi bioetanol dilihat dari sel penghasil minyak bioetanol. Prospek bioengineering mirip teknik kimia sih sebenarnya, tapi perusahaan yang berbasis hayati. Jadi ya intinya menghasilkan produk secara maksimal dan dengan biaya yang seminimal mungkin, biar bisa bersaing dengan produk-produk yang lain.


Mata Kuliah Rekayasa Hayati atau Bioengineering 
Logo  Himpinan Mahasiswa Rekayasa Hayati ITB
1. Termodinamika Sistem Hayati
2. Bioprospek Tumbuhan Tropika
3. Neraca Massa dan Energi Rekayasa Hayati
4. Bioteknologi Tumbuhan dalam Bioindustri
5. Pemodelan Dinamik Rekayasa Hayati
6. Sensor dan Isntrumentasi Sistem Hayati
7. Perancangan Bioreaktor
8. Prinsip-prinsip Pemisahan Bioproduk
9. Perancangan Produk dan Proses Sistem Hayati
10. Tugas Akhir Pra-rancangan Sistem Produksi Hayati
Sumber : ol.akademik.itb.ac.id


Saya masuk Bioengineering soalnya saya di SITH tapi pengen yang lebih teknik-teknik gitu. Awalnya masih nggak terlalu ngerti sih di BE belajarnya apa, tapi kemudian setelah saya belajar yang paling menarik minat saya adalah tentang pembuatan bahan bakar yang sumbernya dari sumber daya nabati. Nah, dari situ saya jadi pengen kerja di  tempat yang memproduksi bahan bakar alternatif seperti itu. – Zwastika Tyas BE’10

Kalo aku pribadi pilih BE soalnya nggak suka praktikum yang banyak kayak di jurusan Bio sama Mikro. Aku lebih suka itung-itungan. Dan ternyata setelah belajar, Alhamdulillah sesuai harapan. Kami belajar bioproses, neraca massa dan energi, sama belajar bioreaktor juga. Nantinya aku pengen jadi designer bioreaktor di industri makanan, obat atau apapun. Juga yang bikin takaran standardisasi bioreaktornya, yang pasti pake bahan alami dong! – Yane Meiliana BE’10

Aku Pilih BE karena aku lebih suka hitungan. Beruntung banget prodi ini dibuka pas tahun 2010. Aku jalanin apa yang aku suka, bermodal kemauan sama Bismillah. Siap tanggung resiko jadi pioneer (misal pindah ke Jatinangor, nggak ada pengalaman senior, dll). Tapi jadi pioneer itu asyik karna kamu bakal akrab banget sama angkatan kamu! Sebenernya sebelumnya aku nggak kebayang BE itu seperti apa, tapi apa yang dijalanin sekarang aku suka banget, menarik! Trus prospek kerjanya cukup luas juga, tapi kalo aku sendiri sih pengen jadi dosen, biar awet muda hehehe... – Geneva Hereka BE’10



Oleh: Hesti Nuraini
Ditulis untuk Majalah Halo Ganesha edisi Agustus 2012

This entry was posted on April 18, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

19 Responses to “Bioengineering (Rekayasa Hayati) ITB”

  1. kak nantinya rekayasa hayati bertitel apa ya? kan itu sains tapi dasarnya teknik, jd S.Pd atau S.T. ya? trus rekayasa kehutanan jg S. Hut atau S.T.? maap soalnya bingung ini masuk teknik atau sains

    ReplyDelete
  2. Untuk Rekayasa Hayati, Kehutanan, dan Pertanian sepertinya bergelar ST soalnya masuk fakultas SITH-R (Rekayasa atau Enggineering).

    ReplyDelete
  3. Kak, kalo untuk biologi sama mikrobiologi boleh dijelaskan?

    ReplyDelete
  4. wah mungkin secara general bisa dilihat disini ya http://www.sith.itb.ac.id/ bagian program studi :)

    ReplyDelete
  5. kak, saya tertarik masuk SITH-R nih. Boleh tanya apa perbedaan praktikum di SITH-R dengan SITH-S ya kak ? Lalu maksudnya untuk SITH-R yang lebih teknik kira-kira teknik yang bagaimana yang dipelajari ? Maksudnya apa yang masuk hitungan 'teknik' di makul misalnya bioproses, atau bioreaktor kak ? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg saya tahu berdasarkan pengalaman temen saya, untuk sith-r nanti dasarnya dapet mata kuliah kalkulus lanjutan, kalau sith-s hanya matematika dasar. Nah, kalau untuk aplikasinya dalam mata kuliah lain, sith-r mempelajari perhitungan termodinamika misalnya, atau perhitungan sistem2 yang lain.

      Kalau ingin tahu lebih coba kamu bisa join di grup facebook "widyakelana care center" dan coba tanyakan kesana, nanti pasti banyak kakak2 sith-r/s yang lebih bisa menjawab :)

      Delete
    2. Ooh, kalkulusnya masuk makul matematika di semester 1 & 2 alias di TPB saja berarti ya ? Oke nanti saya coba join kesana, terimakasih jawabannya kak :)

      Delete
  6. Tunggu saya disana ya kak, smoga lulus sbmptn tahun ini
    Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin... Semoga dapat yang terbaik yaaa di ITB :) semangat!

      Delete
    2. Amiiiin... Semoga dapat yang terbaik yaaa di ITB :) semangat!

      Delete
  7. Kakak, saya berminat ambil sith r di smptn nanti, kalau boleh tau kakak kemaren tembus lewat snmptn atau sbmptn, terus kemaren kira kira rata rata rapor dari semester 1 sampai 5 berapa ya?ada id line kak? Mau nanya nanya lebih lanjut, ini id saya jamurrrr makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu aku masih lewat jalur tes usm hehe kurang tau kalau lewat snmptn gimana

      Delete
  8. Ka sy mau nanya, kalo SIHR itu kebanyakan bljr fisika yaa, lalu kalo di itb tu kan tahun pertama blm ada penjurusan. Nah sy mau milih rekayasa pertania. Kira2, di jurusan itu plg byk bljr bio atau fisika.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pertanian kebanyakan belajarnya biologi kak

      Delete
  9. Malem ka, saya mau nanya,kira2 kerja lulusan sith r itu kayak gimana ya? Misalkan mengawasi proses produksi, atau misalkan jadi bagian development di perushaan, keseharian pekerjaannya gimana ya kak? Terus bileh share kuliahnya kayak gimana? Makasih banyak ka :)

    ReplyDelete
  10. disini kan kakak ngebahas tentang STIH rekayasa. untuk sbmptnnya kira kira passing gradenya berapa kak? terus kita akan lebih dominan mempelajari apa kak? serta untuk prospek lapamgan pekerjaannya gimana kak

    terima kasih

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. kak mau tanya,kalau siths itb itu satu tahun di badnung terus sisanya di jatiangor atau sampe lulus di bandung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai tahun 2017 ini, perkuliahan di Bandung seterusnya untuk SITH Sains

      Delete