Pengalaman Tes PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM)

Rumah saya di Solo hanya berjarak kurang dari 1km dari kantor pusat Telkom Solo. Sejak masuk ke Program Studi Teknik Telekomunikasi di tahun 2011, saya selalu berangan-angan alangkah enaknya jika kelak bisa kerja di Telkom situ. Yah, namanya juga angan-angan.
pict taken from http://www.telkom.co.id/
Singkat cerita, di suatu siang yang terik di awal bulan Oktober 2014. Saya bersama rekan saya yang saat itu memang belum mendapat pekerjaan setelah hampir 3bulan wisuda, datang ke jobfair yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (Telkom University) di Landmark Braga. Stand terbesar dan terdepan saat itu tentu saja milik PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Okey langsung saja, jadi beginilah tahapan Tes di Telkom:

1.Mengambil nomor referal saat jobfair
Dengan menuliskan identitas diri di booth Telkom, kita akan diberikan sebuah kode (nomor referal) yang nantinya digunakan pada saat registrasi online. Satu orang yang mengantri hanya bisa mengambil satu nomor, jadi tidak bisa nitip temen ya, dan oleh karenanya antrian disana cukup panjang. Oiya, kita juga dapat kesempatan mengambil doorprize juga jika memakai nomor Telkomsel di HP kita.

2. Registrasi online di http://rekrutmen.telkom.co.id/
Pendaftaran online bisa dilakukan dengan memasukkan nomor referal yang telah kita miliki. Registrasi ini juga memiliki periode waktu tertentu, biasanya hanya sampai 1 hari setelah jobfair selesai. Saat itu saya baru melakukan registrasi di hari terakhir, untungnya belum terlambat. Setelah masuk ke akun yang telah dibuat di web, maka kita harus melengkapi data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan dokumen-dokumen yang harus diupload seperti ijazah, transkrip, KTP, dan sertifikat TOEFL. Setelah semua data lengkap maka memilih posisi yang ingin dilamar. Saat itu ada beberapa lowongan untuk beberapa perusahaan di Telkom Group, kita bisa memilih maksimal 3 posisi. Namun tentu saja untuk pilihan pertama dipilih Managemen Trainee PT. Telekomunikasi Indonesia.  Jika aplikasi sudah masuk maka kita akan mendapatkan email konfirmasi. Setelah itu tinggal menunggu proses seleksi administrasi dan berdoa supaya segera memperoleh undangan untuk tes selanjutnya.

3. Aptitude Tes
Waktu itu saya baru memperoleh undangan tes pertama sekitar hampir 1 bulan setelah melakukan registrasi di web. Tes pertama ini dilaksanakan di kawasan Telkom Corporate University (TCU) di daerah Geger Kalong, Bandung. Aptitude tes ini semacam psikote yang cukup sederhana. Ada kemampuan verbal dan numerikal kalau tidak salah. Waktunya juga Cuma sebentar, hanya 2jam. Hasil tes akan diumumkan hari itu juga. Kebetulan saat itu saya dapat jadwal tes sore jadi tidak terlalu lama menunggu pengumuman malam harinya. Sekitar pukul 8malam hasil tes keluar, Alhamdulillah lolos dan langsung harus mengikuti psikotes lengkap esok harinya.

4. Psikotes
Keesokan harinya dilaksanan Psikotes lengkap selama hampir 5jam. Jadi saran saya istirahat yang cukup malam harinya supaya bisa mengerjakan psikotes dengan segar. Saat psikotes ini kita akan diminta mengisi data lengkap riwayat hidup, dan juga mengumpulkan berkas seperti legalisir ijazah dan transkrip.

5. TOEFL Test
Kira-kira 3minggu sejak psikotes, baru keluar pengumuman peserta yang lolos untuk tahapan tes selanjutnya yaitu TOEFL dan FGD. Tahapan tes tersebut dilaksanakan secara 3hari, kebetulan saya mendapat jadwal di satu hari yang sama, jadi pagi TOEFL siang FGD. Namun ada juga yang dapat jadwal di hari yang berbeda. Okay, karena tes baru akan dilaksanakan satu minggu kemudian, jadi ada waktu untuk belajar TOEFL dulu.  Tes TOEFL yang diberikan adalah TOEFL ITP seperti yang diselenggarakan di Pusat Bahasa ITB. Karena saya pernah mengikuti tes tersebut jadi sudah ada gambaran seperti apa soalnya. Saya juga belajar dari aplikasi TOEFL Test yang saya peroleh dari EEP Bandung saat kursus dulu. Walaupun sudah belajar beberapa hari ternyata soalnya tetap sulit huhuhu apalagi bagian listeningnya. Jika sudah merasa failed saat listening seperti saya, maka harus bisa maksimal dapat puin di bagian structure dan reading.

6. Diskusi Kelompok / Focus Group Discussion (FGD)
Siangnya dilaksanakan FGD di ruang yang berbeda meski masih dalam lingkungan TCU. Kami dibagi dalam beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 7-8 orang. Saya dapat giliran pertama saat itu, bersama 7 peserta lain dalam kelompok. Di dalam ruangan sudah ada 2 penilai, kami lalu diberikan sebuah topik untuk didiskusikan dan dicari solusinya. Kami mendapat kasus mengenai pegawai yang terlalu dominan dalam menyelesaikan tugas sehingga tidak percaya kepada rekannya untuk berbagi tugas. Kelompok lain ada yang mendapat topik tentang cara mengatasi pegawai yang malas, yang suka MLM, dll. Intinya adalah bagaimana kita dalam kelompok harus menghadapi masalah yang tak jarang terjadi di dunia kerja. Yang harus diperhatikan saat FGD adalah jangan terlalu dominan dalam kelompok namun jangan pasif dan diam saja, yang penting selalu fokus dan memperhatikan setiap pendapat teman lain, sehingga kita dapat memberi alternatif solusi yang baik.

7. Wawancara
Di akhir tahun baru ada pengumuman untuk tes tahap terakhir. Tes-nya sendiri baru akan dilaksanakan di awal tahun 2015. Saya mendapat jadwal wawancara terlebih dahulu. Sebelum wawancara ada semacam tes kompetensi berdasarkan bidang masing-masing peserta. Saya yang masuk bidang Teknik Elektro (Telekomunikasi) mendapat 4 buah soal yaitu mengenai tugas akhir (skripsi) yang dikerjakan saat kuliah, mata kuliah yang paling dikuasai, bisnis telkom dan hubungannya dengan jurusan yang kita pelajari (kontribusi apa yang dapat diberikan), dan yang terakhir soal teknis mengenai IPTV. Setelah selesai tes tertulis, kami diminta menandatangani surat perjanjian kontrak mengenai ketentuan apabila nantinya lulus tes dan diterima sebagai pegawai. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan antara lain mengenai masa ikatan dinas dan denda apabila mengundurkan diri sebelum masa ikatan dinas berakhir. Sesi wawancara pun akhirnya dimulai. Lagi-lagi saya mendapat giliran pertama, ga sempet deg-deg-an deh. Tapi ya gitu ga karuan rasanya pas masuk ruang wawancara. Tapi alhamdulillah wawancara berlangsung santai. Ada 2 pewawancara dari HRD dan user. Pertanyaannya juga dua macam yaitu mengenai kehidupan pribadi dan teknis mengenai telekomunikasi yang ditanyakan secara bergantian. Tips? Saat menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi, jawab saja jujur apa-adanya tanpa dibuat-buat supaya wawancara mengalir begitu saja. Saat menjawab pertanyaan teknis dari user, kita harus benar-benar menguasai tugas akhir kuliah kita, dan juga pelajari tentang bisnis yang sedang dikembangkan oleh Telkom. Wawancara berlangsung selama hampir dari satu jam, dan waktu tidak akan terasa jika kita menikmatinya.

8. Medical Check-Up
Besoknya saya mendapat jadwal untuk medcek di Telkom dekat Gasibu. Tes kesehatan ini meliputi pemeriksaan urin, darah, rontgen, jantung, audiovisual, dan konsul dokter. Jika kita pandai-pandai dalam memilih giliran pemeriksaan, maka dalam 3jam tes kesehatan akan selesai. Tes kesehatan ini sekaligus mengakhiri serangkaian tes seleksi PT.Telkom.
email notifikasi dari tahap ke tahap :)
Sejak tes terakhir, saya selalu dag-dig-dug nunggu pengumuman. Tiap kali lewat di depan kantor Telkom dekat rumah saya pasti selalu berdoa supaya kelak bisa kerja disitu. Setelah penantian yang begitu lama (sekitar 2 bulan) akhirnya pada tanggal 20 Februari 2015 pengumuman itu datang juga. Dan Alhamdulillah saya (dan teman-teman ET ITB 2010 yang mendaftar) lulus dan diterima di Telkom. Pengumumannya lumayan mengejutkan karena email baru dikirim sekitar pukul 8 malam di Hari Jumat.  
Pengumuman Kelulusan. Lihat no.32!
Yah pokoknya syukur tiada terkira deh J Sekarang tinggal tunggu jadwal untuk pertemuan pertama. Huhuhuhu Semangat Sahabat Telkom!!!


Update: 
Cerita tentang masa orientasi ada di Kerja di Telkom (part 0) : Masa Orientasi Sarjana (OS 1) 2015
Cerita tentang masa OJT ada di Kerja di Telkom (part 1) : OJT di Jakarta Barat

Solo, 1 Maret 2015
Hesti Nuraini

This entry was posted on February 28, 2015 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

157 Responses to “Pengalaman Tes PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM)”

  1. Assalamualaikum, bisa minta kontak pribadi tidak? ada beberapa hal yang mau saya tanyakan ke mbak Hesti mengenai pengalaman rekrutmen pegawai tetap Telkom. Kebetulan saya juga dari solo dan sekarang bekerja di Telkom Semarang sebagai karyawan OS. Jika tidak keberatan bisa hubungi saya di harits.subhan@gmail.com. Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. halo mas harits... wah kebetulan sekali ya sama-sama dari solo. okay nanti saya infokan kontak saya via email

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang tes terakhir hanya yang lolos saja ya yang diberitahu? tidak di publish di web nya. terimaksih.

      Delete
    2. sudah dipublish kok mas di web nya http://rekrutmen.telkom.co.id/index.php/jobfair/news

      Delete
    3. assalamualaikum mbak hesti, mbak saya betris sedang ikut tahapan seleksi telkom via website nih, ada yang ingin saya tanyakan, bolehkan saya meminta kontak pribadi mbak hesti?
      ini email saya betrisyuriza@gmail.com
      terima kasih mbak hesti, besar harapan saya dapat balasan :)
      wsslsm

      Delete
  3. hallo mba hesti, terinspirasi sekali dengan tulisan diatas untuk tes tes telkom nya hhe. jadi aku ryan mahasiswa telkom jurusan Management bisnis telekomunikasi dan informatika semester 2 akhir.aku mau minta saran tips atau nasihat dari mba hesti nih apa yang harus aku lakuin untuk mempersiapkan tes - tes diatas mulain dari sekarang jadi nnti bisa dengan mudah dan gak sulit untuk masuk ke telkom mba. makasih mbaa

    ReplyDelete
  4. Hmmm apa ya... Kalo masih semester 2 sih saran saya nikmatin aja dulu masa-masa kuliahnya haha... Ga ada hal khusus yg perlu disiapin soalnya. Mikirin kerjaannya ntar aja kalo udah beres ngerjain skripsi.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum mba hesti, saya juga punya angan-angan yang sama sama mba hesti. Kebetulan saya juga tinggal di solo, hanya saja kuliah di Universitas Telkom di Bandung. Baru saja menyelesaikan skripsi, saya juga kepengen bisa masuk di Telkom Solo mba. Bisa minta kontak pribadi juga mba? Saya pengen tahu lebih banyak tentang rekrutmennya mba. Jika mba tidak keberatan, tolong email saya di erlyn_df@yahoo.com Makasih sebelumnya mba hesti

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Hallo mbak hesti salam kenal. Hari ini saya tes PT. Telkom untuk seleksi psikotes 1, mohon doanya agar saya lancar hingga tahap akhir dan bisa segera menyusul mbak Hesti disana hehe.

    Oh ya mbak saya mau nanya, apa mbak pernah tidak lolos sebelumnya dalam tahapan setiap tes kerja di perusahaan lain sebelum keterima di Telkom ?
    Soalnya, saya juga udah jadi jobbseeker sebelum saya lulus seperti mbak Hesti dan sudah sering gagal seleksi masuk perusahaan, baik itu seleksi administrasi, psikotes, FGD, ataupun wawancara.

    Mohin wejangannya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo reindy... Sebelum masuk telkom saya jg pernah beberapa kali gagal tes yg lain kok. Ceritanya saya kumpulkan disini http://nurainihesti.blogspot.com/search/label/tips?m=0
      Coba dibaca aja, disitu ada tips tips juga yang saya dapat berdasarkan pengalaman saya hehe. Semoga membantu :) Sukses ya!

      Delete
    2. Makasih ya mbak cerita dan tips tips nya sangat membantu saya sekali dan Alhamdulillah berkat bantuan Allah jg saya masih lanjut tes di PT. Telkom sampai tahap tes FGD dan toefl, tinggal nunggu pengumuman untuk lanjut tes tahap akhir yaitu tes interview dan medcheck. Nanti kalau saya insyaallah masih lanjut, saya minta kontak mbak hesti untuk informasi lebih lanjut ya hehe. Mohon doanya ya mbak.

      Delete
    3. Wah semoga sukses ya tes nya 👍

      Delete
    4. Halo mbak resty
      Mbak, Boleh sharing donk pengalamannya mbak
      Boleh minta kontaknya ya mbak
      Ini email saya rizkim555@gmail.com

      Delete
    5. Halo mbak resty
      Mbak, Boleh sharing donk pengalamannya mbak
      Boleh minta kontaknya ya mbak
      Ini email saya rizkim555@gmail.com

      Delete
  7. halo lekkkk... mainan blog juga ternyata kau ya hahaha... luar byasa

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum wr wb,, artikelnya pas buat saya yang sudah semester 7 mbak hesti,, sama saya juga ingin jadi telkom group,, kalau tidak keberatan saya ingin tanya lebih dalam lagi tentang cerita di atas terutama tes yang mbak hesti jalani dan banyak lain-lainnya,, tolong email saya : gustavocinak39@gmail.com atau chat BBM : 74769809

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh boleh, kontak langsung ke email atau twitter aku aja jg bisa :)

      Delete
  9. Assalamualaikum mbak hesti
    Makasih buat infony
    Saat ini saya jg lg ngikutin tes akhir, saya mau tanya dr tes akhir apa masih ada peserta yg gugur tes ya mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mbak siska, makasih ya udah baca hehe... Kalo saya kemarin setelah tes terakhir masih ada yg gugur jg. Kalo ga salah dari 180an diambil 120an

      Delete
  10. Assalamualaikum mbak hesti, saya mau tanya ttg medchecknya, apakah ada tes buta warna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam anonim :) iya ada tes buta warna, tes minus mata jg.

      Delete
    2. boleh kok mba hehe cuma di cek kesehatannya aja..

      Delete
    3. kemaren tes buta warna pake plate brpa lembar mbk? ada toleransikah jika ada kesalahan? terima kasih.

      Delete
    4. wah ga merhatiin berapa lembarnya hehe, tp itu pake yang tes buta warna biasa kok

      Delete
    5. Halo kak hesti, saya mau tanya kalau buta warna parsial apakah bisa diterima?

      Delete
  11. halo mba kita sama dari solo nih^^
    aku mau tanya mba, skrg ini aku kelas 2 sma jurusan ipa dan pengennnnnn banget bisa kerja di telkom, kira2 nanti kalau kuliah lebih bagus ambil apa ya?? kalau ambil tek. telkomunikasi, aku lelet di hitung2an dan oon di fisika mba :( oiya, mata aku juga minus :( apa itu bisa jd nilai minus saat melamar ya mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo luki... Masuk aja jurusan yg kamu suka dan minati kd biar happy kuliahnya hehe. Telkom nerima jurusan lain jg kok selain teknik telekomunikasi/elektro, misalnya akuntansi, managemen, hukum, komunikasi, desain juga.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum mba hesti..oia salm knal sblmnya sy rahman..mba sy mau nanya ttg kehidupan di telkom sprti apa?kususnya di masa MT? Boleh minta emailnya ngak?trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam abdur.. Hmm kehidupan di telkom asik-asik aja kok hihi... Beberapa udah aku ceritain di blog ini juga 😄

      Delete
  14. Hallo mba hesti. Perkenalkan saya putri. Sore ini saya mendapat email undangan utk mengikuti tes tahap 1 PT Telkom. Ada beberapa hal yg perlu saya tanyakan, jika tdk keberatan boleh minta kontak mba hesti? Email saya: putrimulyawati@icloud.com
    Terima kasih sebelumnya mba hesti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Putri, mba aku juga dapat undangan tes tahap 1, mba. Mba Putri sudah dapat tanggal untuk tesnya belum? atau tunggu sampai registrasi ditutup dulu ya, mba baru dapat fiksasi tanggal tesnya?

      Delete
    2. Halo mba irna dan mba putri saya juga dapat undangan, saya pilih lokasi test di semarang dan sudah keluar jadwal testnya tgl 31 agsts jam 7 pagi.

      Delete
    3. hallo mba2 semua. saya jg dapat panggilian test tahap 1 tgl 25 di bandung jam 7 pagi. mau tanya dong. di persyaratan yg wajib dibawa ada pointer yaitu membawa fotocopy sertifikat TOEFL, sedangkan test tahap 1 ada test mengenai TOEFL. apakah perlu membawa/ punya sertifikat TOEFL? mohon penjelasannya dong. makasi
      ambonive@gmail.com

      Delete
    4. halo halo semuanya... semoga sukses ya tes-nya di masing-masing kota :)
      iya sertifikat TOEFL usahain punya, kan msih ada waktu tuh buat tes, prediction aja gapapa kok. Tp nanti emang ada tahapan tes TOEFL lagi juga.

      Delete
  15. Hello mbak Hesty, nice to know you, semoga pengalaman ini bisa membantu kami dalam proses mengikuti seleksi di telkom, dan mbak juga makin sukses di Telkom.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai salam kenal Artha. Senang sekali bisa membantu... Terimakasih ya doanya :D aamiin..

      Delete
  16. mbk hesti aku agustin dari malang. mbk ada bebrapa hal yang ingin aku tanyakan terkait tes seleksi karyawan telkom. bila mbk hesti tidak keberatan boleh minta kontak mbk hesti?
    ini email saya mbk: agustinsetyoningsih@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Agustin salam kenal... Mau nanya apa nih? :)

      Delete
  17. Halo mbak hesti. Bisa minta kontaknya? Ad yg sy ingin tanyakan soal registrasi tes. Email saya: anggistiqomah@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Anggi... Mau nanya tentang apa nih? Bisa hubungi aku lewat email atau twitter ya... Senang bisa membantu :)

      Delete
  18. Hesti aku tanya dong. Buat tes telkomnya perlu bawa papan yg buat ujian ga ya?
    Terus, dokumen yg dia minta kota siapin bisa nyusul ga ya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mz/mb anonim...yah kalo masalah papan buat ujian mah itu preferensi orang masing2 ya mau bawa atau ngga hehe, kalo dokumen ya usahain lengkapin di awal aja.

      Delete
  19. terimakasih infonya mba hesty..
    kebetulan tgl 24 agustus 2015 aqu mau ikut sleksi tahap 1 dibandung.
    ada hal yang mau aqu tanyain mba..
    boleh minta account gtalk mba? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah besok dong tesnya... sukses yaaa... hmm acc gtalk sama kayak email ini kok ;)

      Delete
    2. Klo pkaiannya itu bebas or gmna mba?
      oh yaa.. klo rutenya dari jkarta tau ga ya mba?

      Delete
    3. halooo... maaf ya baru bales, mungkin ini udah telat balesnya, tp mungkin bisa berguna buat yang nantinya baca hehe kemarin soalnya lumayan banyak jg yang nanyain ttg ini. Pakaiannya bebas rapi kok, ga harus hitam-putih.
      Trus kalau rute dari jakarta ke telkom geger kalong ada 2 alternatif yang saya pernah coba:
      1. Naik travel (sararea cipaganti) bisa turun di baltos trus naik angkot caheum-ciroyom nanti turun di pertigaan geger kalong.
      2. Kalo naik kereta (argo parahyangan), dari stasiun bandung juga bisa naik angkot stasiun-lembang turun di pertigaan geger kalong juga, ntar tinggal jalan dikit ke telkom corpu.

      Thankyou sudah mampir. semoga sukses ya :D

      Delete
  20. Hi mba hesti aku jg tanggal 25 besok dpt undangan test tahap I dari PT. Telkom, lokasi tesnya di bandung...

    Doakan semoga lancar ya mba , biar nyusul seperti mba hesti:)

    ReplyDelete
  21. Hi mba ani rofngani, kamu juga dpt seleksi tahap I di bandung? Wah sama dong, boleh minta kontaknya kah, biar bisa ketemuan disana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhhh boleeh boleehh..
      hhehe..
      kita gtalk aja yaa..
      ini emailqu anirofngani@gmail.com

      Delete
  22. Kak. Perkenalkan ane adik kelas kakak di kampus gajah

    Kebetulan besok ada tes di geger kalong 25 agus. Btw ane dipanggil daftar di web rekrut. Kebetulan telkom juga ada direct shopping itb.

    Pertanyaannya, ane kan elektro kak(arus lemah). Kakak tau ajalah elektro yang gak terlalu power dan juga gak terlalu telkom. Kebetulan ane di web rekrut dipanggil dan cuma 2 orang setahu ane yang elektro. Ada sih yang lain tapi jurusannya telkom. Pertanyaannya wajar gak sih dipanggil elektro kayak ane dipanggil? Apa elektronika dibutuhkan?

    Terus ada tips dan trik gak kak? Secara ane di elektro pernah ngambil kuliah telkom di elektro bau ada 3 yaitu probstat, sistem komunikasi ama jaringan komputer

    Ane sangat antusias dan pengen masuk telkom gan. Ditambah pengen kerja di satelit2 gitu sih niatnya

    Thankssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Juniro... tenang aja, anak elektro juga banyak kok yang masuk telkom soalnya jenis kerjaannya luas banget disini. Kalo tertarik di satelit bisa banget tuh ada yang bagian ngurusin satelit di Telkom Cibinong. Seniro aku ada yang disana, trus jadi sering ikut seminar/pelatihan satelit gitu di luar negri. Semangat ya Jun! Semoga sukses!

      Delete
    2. siap, doain kak lancar dan sukses semuanya, semoga bisa jadi karyawan telkom! amiiin

      Delete
    3. sip sip semoga sukses jun :D

      Delete
    4. kaak, aku sekarang udah di OJT jakarta barat, boleh minta kontaknya gak pengen nanya2 hihihi

      Delete
    5. Halooo mercvsuar... Aku dulu di jakbar juga loh haha. Tanya kontak aku ke gianto aja kalo mau nanya2 yak hihi

      Delete
  23. Hallo Kak Hesty salam kenal,

    kak mau nanya untuk daftar kerja di telkom bisa dari mana aja ya selain dari rekrutmen.telkom.co.id.

    Terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Heru. Ada banyak jalur kok kalau mau daftar Telkom.
      1. Web Telkom http://rekrutmen.telkom.co.id/, ini bisa diakses dari seluruh Indonesia
      2. Job Fair, biasanya ada di jobfair kampus-kampus di Bandung (ITB, Unpad, Telkom University) ataupun jobfair kampus ternama lainnya
      3. Camprus Recruitment, kalau ini biasanya diumumkan di web career center tiap-tiap kampus, maupun direct shopping dari prodi yang terkait melalui dosen/TU di kampus tersebut.

      Delete
  24. Halo kak hesti salam kenal,,, saya ikut tes telkom dan telah selesai wwncara dan medcheck di awal agustus kemarin, panitia blg sih pengumumannya awal september ini tp sampe skrg blm ada tanda2,, kk tau gak kira2 kapan pengumumannya? Setidaknya supaya gak terlalu cemas heheh,, trimakasi sblmnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau juga kapan pengumumannya non... Tapi yang saya tau sih nanti Okober udah mulai pendidikan batch yang baru gitu.

      Delete
    2. pengumumanya hanya dikasih ke yang lolos aja kah mbak?

      Delete
    3. sudah diumumkan di web nya mas...
      http://rekrutmen.telkom.co.id/index.php/jobfair/news

      Delete
  25. mbak hesti mau tanya seputar orientasi karyawan di telkom. saya november orientasi mbak. apakah saya bisa minta cp mbak untuk menanyakan seputar orientasi karyawan mbak ? ini email saya mulyani616@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh... mau nanya apa kaka? langsung kirim email ke aku aja hehe insyaallah dijawab :)

      Delete
  26. mbak, ditempatkan di mana? saya kerja di telkom akses solo saat ini. apakah ada peluang untuk di transfer ke telkom, dari telkom akses? jika bisa, mungkin mbak punya info? terima kasih. Angga. komputerlaris@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang saya penempatan di witel jakarta barat mas. Kalo transfer dari TA ke Telkom saya kurang tau juga bisa atau ngga. Tapi sejauh yang saya tau rekrutmen Telkom hanya melalui MT di rekrutmen web atau campus rec.

      Delete
    2. ka, saya mau tanya..
      apa aja yang di tanyain pas test wawancara?
      besok saya test di perusahaan telkom bogor plaza.. tolongin yah :)

      Delete
    3. kalo saya dulu ditanyain tentang tugas akhir kuliah sama pengetahuan umum tentang bisnis telkom sih non

      Delete
  27. mbak besok saya ada Panggilan Tes Tertulis Kebetulan lokasinya D Solo.. kira kia Yg dimaks Tes Tertulis ap saja Ya mbak? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo Telkom Akses ya? saya kurang tau mas kalo itu tes tertulisnya gimana hehe

      Delete
  28. Mbak, mau nanya. Untuk persyaratan TOEFL boleh tidak menggunakan TOEFL prediction ? karena kalau pakai sertifikat TOEFL-ITP saya harus tes dulu dan hasilnya keluar dalam 3 minggu. jadinya tidak terkejar lagi untuk mengikuti seleksi WEB rekrut gelombang 1

    ReplyDelete
  29. Assalammualaikum mbak.
    Saya Rian di padang, saya mau tes awal depan di telkom. Boleh saya minta kontak mbak untuk konsultasi persiapan sebelum tes bulan depan ?
    Kalo boleh email ke alamat ini ja mbak.
    riantomaijon@gmail.com
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo rian, email aku sama kayak email blog ini kok hehe. Sukses yak tes nya!

      Delete
  30. Buset...bahaha aneh2 aja nih temen2 yang pada tanya..,
    ybs bukan hrd telkom mas bro & mbak sis, tanya pengalaman aja dong hehehe
    bukan tanya apakah boleh dan g...
    oh iya mbak, tanya dong...
    kemarin pas tes toefl itu ada sesi writingnya g ?
    apa hanya listening, reading, grammar(structure)
    ato listening, reading, grammar, witing ?
    matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nih. Toefl-nya toefl ITP biasa jadi ga ada writing mas.

      Delete
  31. assalamua'laikum mba, saya mau tanya. apakah kita bisa mendaftar MT Telkom tanpa nomor referral? dimana saya bisa mendapatkan nomor ini selain di jobfair? karena Telkom tidak membuka stan di setiap jobfair yang pernah saya kunjungi di lampung sepanjang 2015 ini. terima kasih
    mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam mba. bisa kok sekarang, langsung cek website nya aja yaaa http://rekrutmen.telkom.co.id/

      Delete
  32. Selamat siang saya juga kepengen banget bekerja di telkom kerna saya suka dunia jaringan (tecknologi informasi) kalau buat alamat lengkap untuk wilayah bekasi ada ga mba saya minta info lebih lanjut ya mba share email saya di aryapurnama78@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga kalo alamat witel bekasi, belum pernah disana soalnya. coba gugling mas hehe

      Delete
  33. Ass,,
    Tadi siang sekitar pukul 12 tengah hari saya dapet panggilan pertama dari pt telkom akses , mohon do'a dari teman - teman semua agar tes bisa di laksanakan dengan lancar dan hasil akhir yang di harapkan , aminyarobal'alamin

    ReplyDelete
  34. Assalammualaikum mbak Hesti, mau tanya mbak kalau ada rekrutmen telkom diinfokan dimana saja ya mbak? hehe terima kasih mbak.
    Salam

    Isadora, Telekomunikasi Polines 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Isadora, semua info rekrutmen ada di web http://rekrutmen.telkom.co.id/

      Delete
  35. Replies
    1. Setau saya kalau SMK bisa masuknya ke PT. Telkom Akses, anak perusahaannya Telkom gitu kak

      Delete
  36. Halo mbak hesti, mau nanya nih, mbak ikutan gelombang brapa pas pertama kali daftar?
    Biasanya dikasi notif undangan tes dibulan apa ya mbak? Diwebsite sih tulisannya januari
    Deg2an ni, aku ikut daftar yang gelombang 2, tp belum dapet notif undangan email, huhu

    ReplyDelete
  37. Halo mbak hesti, mau nanya nih, mbak ikutan gelombang brapa pas pertama kali daftar?
    Biasanya dikasi notif undangan tes dibulan apa ya mbak? Diwebsite sih tulisannya januari
    Deg2an ni, aku ikut daftar yang gelombang 2, tp belum dapet notif undangan email, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku masuknya angkatan 1 tahun 2015 tapi tes nya udah mulai dari akhir 2014. Cek-cek di website nya aja ya untuk info terupdate :)

      Delete
  38. Assalamu'alaikum mba, saya ina. Alhmdlh ud lulus seleksi adm, butuh kontak pribadi mba, mau nnya sdkit. boleh gak mba? kl bleh, tlg kirim ke rizqinarosma@gmail.com
    Makasih ya mba.;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam moga sukses ya tes nya. Boleh disini aja kalo ada yg perlu ditanyain :)

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. selamat pagi mbak, saya angga dari solo. saya diterima tahap adm pt telkom, tp masih bingung mengenai lokasi test. sekiranya mba hesti mau memberi kontak pribadinya. terimakasih mba. :) ini email saya rene_anggara@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  41. selamat pagi mbak, saya dr jogja kebetulan akan mengikuti tahapan tes telkom baragkali boleh minta kontaknya mbak karna ada yg ingin ditanyakan Terimakasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh disini aja mas kalo ada yg perlu ditanyain :)

      Delete
  42. Mbak saya mau tanya, tentang sertifikat toefl bisa gak digantiin sama sertifikat EPT? Mohon pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gabisa mba, harus toefl, atau toefl prediction paling ngga.

      Delete
  43. Ass mb
    Saya lidia dari palembang
    Td dpt email dr telkom alhmdlilah lulus tes adm mb 🙏😆
    Mau tnya mb untuk tes selanjutnya hrus bljr ap aja mb? Mksi sblmnya 😊

    ReplyDelete
  44. Ass mb
    Saya lidia dari palembang
    Td dpt email dr telkom alhmdlilah lulus tes adm mb 🙏😆
    Mau tnya mb untuk tes selanjutnya hrus bljr ap aja mb? Mksi sblmnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam lidia, semua proses tes sama persiapannya yg perlu dipelajari udah kutulis semua disini ya... semoga bermanfaat :)

      Delete
  45. mau nanya dong mbak, kalo dari pengalaman mbak kemarin, wawancara pakai bahasa indonesia atau bahasa inggris yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake bahasa indonesia semua wawancaranya :)

      Delete
  46. mbak boleh nanya kah mungkin ada temnnya yang di hrd hehe
    kemarin saya apply lowongan di website telkombulan des, tapi udah registrasi akun dari agustus, dan ternyata tidak lolos admin, mungkin krn periode ini untuk yg regist antara sept-des. apakah tiap rekrutmen web harus membuat akun baru sesuai dengan periode regist yg telah ditentukan? Padahal sebelumnya saya belum pernah sama sekali apply melalui web rekrut telkom. Terima kasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bikin akun baru saja ya siapa tau bisa :)

      Delete
  47. Mba hesti , terinspirasi sekali dengan tulisan anda , kebetulan saya lagi tes rekrutmen telkom mba , besok tes psikotes , ada kiat2 gak mba supaya bisa lulus atau ada petunjuk gitu mba , ini mba email saya : kirimkan pin bb atau id line mba atau nomor hp mba. ini email saya mba : andrekassa22@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kiat2nya udah saya tulis disini mas hihi moga sukses yaa

      Delete
  48. Assalamualaikum ka hesti. sya Bayu bekerja di Telkom Akses. Kak sya mnta nomor hp ka hesti ya. Email sya. bayusaputhra@rocketmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Bayu, bisa disini aja ya kalo ada yg mau ditanyain :)

      Delete
  49. selamat pagi mbak hesti, saya reskhi. kebetulan juga saya ikut seleksi telkom tahun 2016 tahap 1, saya sekarang sudah sampai tahap wawancara, kalo boleh tanya, dalam tahap wawancara itu materi yang sering ditanyakan apa ya? kalo ada tips tips wawancara apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips2 wawancara udah saya tulis disini semua mas hihi semoga sukses yaaa

      Delete
  50. Saya sedang menunggu hasil dari keputusan tahap akhir rekrutasi PT Telkom 2016, semoga saya bisa menjadi salah satu karyawan di PT Telkom Indonesia. aaamiiin

    ReplyDelete
  51. mbk hesty mohon maaf sebelumnya mau tanya,kalau sebelumnya saya kuliahnya di univ yg bukan negeri,itu apa bisa mbak?,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok dari univ manapun asal jurusannya sesuai :)

      Delete
  52. mbk hesty mohon maaf sebelumnya mau tanya,kalau sebelumnya saya kuliahnya di univ yg bukan negeri,itu apa bisa mbak?,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok dari univ manapun asal jurusannya sesuai :)

      Delete
    2. jurusan yg dibutuhkan apa aja ya mbak?,kebetulan saya juga jd avenger di telkom mbak,sama kuliah tapi.

      Delete
  53. Tambah susah buat ditembussss... ya ALLOH Susah banget yakkk cari kerja yang layak

    ReplyDelete
  54. Terima kasih sudah sharing mbakkkkk.... berguna sekali pasti ini

    ReplyDelete
  55. Pastinya ini sangat cocok untuk diikuti .... makasih sharingnyaaa

    ReplyDelete
  56. Mbak hesti tes gelombang ke dua kapan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau jg mas, untuk jadwal tes bisa dilihat di website nya ya

      Delete
  57. Assalamualaikum mba hesti, saya sisti dari bandung. Mau tanya soal tips dan trik mengisi form awal seleksi telkom, boleh saya hubungi mba melalui email mba? Terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. selamat sore mbk hesti......


    boleh saya meminta no kontaknya
    saya ingin share untuk bagian test TOEFLnya mbk

    ini no saya 085366818588

    terimakasih mbak

    ReplyDelete
  60. Mba mau tanya soal psikotesnya itu seperti apa ya?

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Hallo mba saya mau tanya, pada saat tes Toefl kalau kita punya sertifikat tes Toefl diatas 500 itu masih ikut tes Toefl lagi atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  63. seneng mbak bacanya, saya juga sedang apply di Telkom. Semoga bisa jadi juniornya ya :)

    ReplyDelete
  64. Mba, saya kan dpt pengumuman lolos seleksi web. Nah gelombang kedua saya harus melakukan konfirmasi data. Tapi, di webnya saya tidak diberitahukan tempatnya dimana. Jd, saya harus mengconfirm datanya kemana ya mba? Barangkali mba tau. Terimakasih

    ReplyDelete
  65. Ass mbak hesti
    Saya Wulan,saya dapat pengumuman untuk mengikuti seleksi tahap pertama, tahapan itu tentang Konfirmasi data. Itu bagaimana ya tatacaranya? Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum mbak, saya juga dapat email lolos administrasi dan bsok disuruh konfirmasi. Bagaimana ya mbak itu?trims. Ini email saya karina.hestianaa@gmail.com
    Minta Contactnya mbak

    ReplyDelete
  67. ass mbak, mau tanya klo test kesehatan itu hrus bebas buta warna ga ?

    ReplyDelete
  68. assalamu'alaikum . maaf mbak mohon bantuannya . saya juga dapat email lulus adm dan tes selanjutnya online assessment tapi gatau harus buka ke link yang mana untuk ke online testnya mbak . gada di kasitau harus ke link mana . coba call ke cp nya juga gabisa . mohon bantuaanya ya mbak . karena tesnya mulai terjadwal mulai besok . makasih sebelumnya mbak :) barakallah

    buat temen-temen lain yang baca komen saya, kalo ada yang tau, tolong reply comment saya ini ya . makasih semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mbak nurul sakinah sekedar ingin berbagi jika mbak lolos silahkan embak buka link magenta telkom, biasanya sudah dikirim oleh telkom melalui email peserta yang lulus. jika tidak terdapat di email coba silahkan link di bawah ini dan untuk email dan password gunakan email dan password yang sebelumnya embak mendaftar di halaman web telkom , terimakasih
      https://magenta.telkom.co.id/exam

      Delete
  69. kak nanya dong, kan aku tes online nih.. kalo blm klik selesai tes, itu otomatis kesimpen semua soal yg udah dijawab, apa yg kesimpen soal yg masih blm kejawab? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. telanjang dada gak om ? periksa ada tatoo gak ?

    ReplyDelete
  72. telanjang dada gak om ? periksa ada tatoo gak ?

    ReplyDelete
  73. Mba Hesti saya uda ikut tes samapai pada Tahap akir biasanya pngumuman berapa lama ya...???

    ReplyDelete
  74. assalamualaikum mba hesti, saya boleh minta konta pribadinya mba hesti? ada beberapa hal yang mau saya tanyakan ke mba. ini email saya afrilliaramadhani@gmail.com , terima kasih mba hesti.

    ReplyDelete
  75. Assalamualaikum, mbak hesti. Perkenalkan nama saya dyah asal Gresik lulusan teknik k3, bisa minta kontak pribadi mbak hesti? ada beberapa hal yang mau saya tanyakan ke mbak Hesti mengenai pengalaman rekrutmen pegawai tetap Telkom. Jika tidak keberatan bisa hubungi saya di hsadiyah294@gmail.com. Terima Kasih mbak...

    ReplyDelete
  76. mbk hesty aku mnta akun twitterny dong buat tanya2

    ReplyDelete
  77. Mba hesti saya dari jurusan bahasa inggris kira2 ada peluang masuk ga kalo daftar di Telkom? Terimakasih

    ReplyDelete
  78. Assalmaualaikum mba hesti. Ini saya regis online kn smpai 31 mei tepat nya hari ini
    Nah knp saya g bs aktivasi akun ??
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  79. Ada wawancara bahasa inggrisnya ga mbak?

    ReplyDelete
  80. Izin nanya mbak, tamatan SMA testnya sama kah?

    ReplyDelete
  81. Saya tidak mengikuti job fair ITB apakah saya dapat mendaftar di telkom, kode referalnya gmn? mohon dibantu

    ReplyDelete