Penulisan Berita

Di pertemuan ketiga ini tidak banyak materi yang disampaikan oleh Pak JJ. Karena topiknya adalah mengenai Berita dan penulisannya, maka si bapak lebih banyak memberi contoh-contoh berita dan informasi-informasi apa yang layak dijadikan berita. Ternyata banyak sekali kejadian-kejadian sehari-hari yang bisa dijadikan berita jika kita peka terhadapnya. Namun jangan juga seperti 'pekerja infotainment' yang seenaknya saja bikin berita. Sesi diskusi dan tanya jawab juga lumayan banyak.

Berita ada dua macam, hard news dan soft news. Hard news biasanya yang dijadikan headline di koran-koran harian, sedangkan soft news atau berita ringan biasanya terdapat di inside berita. Berdasarkan kecepatan penyampaian informasi, tentu saja hard news lebih aktual. Walaupun namanya 'hard', bahasa yang dipakai dalam berita biasanya merupakan bahasa baku namun ringan dan mudah dicerna oleh semua kalangan.

Yang paling penting dalam penulisan berita tentu saja adalah 5W+1H dan yang paling disoroti pada pertemuan kali ini adalah mengenai Teaser atau Lead Berita yang menjadi fokus dalam suatu tulisan. Dengan lead yang berbeda maka akan bisa dibuat berita yang sama dengan sudut pandang yang berbeda. Ada berbagai macam Lead:

1. The Punch Lead
2. Lead Deskriptif
3. Lead Kontras (before-after)
4. Lead Pertanyaan
5. Lead Kutipan / Ucapan Tokoh
6. Lead Kronologis
7. Lead Parodi

Lead dapat diletakkan pada awal, tengah maupun akhir berita, yang dibuat untuk lebih menarik pembaca. Lead dapat dibuat oleh si penulis sendiri atau bisa juga 'dibuatkan' oleh redaksi yang akan memuat berita tersebut. Sebenarnya tadi pas kuliah kami dikasih contoh-contoh dari semua macam Lead di atas, tapi ga bisa saya tuliskan disini. Jadi kalo mau tau lebih banyak bisa ditanyakan langsung atau gugling aja sendiri ya :p

Oiya di pertemuan kali ini, kami diberi tugas perdana, yaitu menulis berita!!! dengan ketentuan:
- berita, sesuai pola teras berita.
- seputar ITB.
- 4000 karakter termasuk spasi
- diketik pada A4 font Arial 12 spasi 1,5
- dikirim ke jurnalsaintek@gmail.com dilampirkan dalam format RTF
- disertai data diri dengan nama file nama_nim_tugas1
- dikumpulkan paling lambat Rabu, 20 Februari 2013

Sebenarnya saya sudah berwacana untuk mengerjakan tugas ini hari ini juga, namun apa daya... sampai jam segini masih belum ada inspirasi untuk nulis berita apa hehehe^^

So, Selamat Menulis!


Bandung, 14 Februari 2013
Hesti Nuraini

This entry was posted on February 14, 2013 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply