Membuat jelly menggunakan rice cooker / magic com

Bagi anak kosan yang merantau jauh dari rumah seperti saya, pasti sudah tidak asing dengan benda bernama rice cooker atau saya lebih suka menyebutnya dengan magic com (disingkat: magicom), karena ternyata tidak hanya nasi yang bisa dimasak dengan alat ini, namun juga berbagai makanan lain. Magic isn’t it? 

Dengan keadaan dimana harga gas naik yang otomatis membuat iuran untuk membeli gas di kosan juga naik, namun karena di semester 8 ini jadwal kuliah sangat sedikit dan keinginan untuk bisa memasak mulai meningkat, magicom membuat saya curious seberapa magic-nya alat ini. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam membuat jelly (bisa diterapkan juga untuk puding) dengan menggunakan rice cooker atau magicom. Cara pembuatannya sangat mudah. Mau coba? 

Bahan-bahan:
1. 2 bungkus jelly ukuran mini
2. 1 cup gula pasir
3. 2,5 cup air
*Jumlah di atas dapat menghasilkan jelly sebanyak satu kotak makan medium ukuran 16x12x5 cm. Untuk jumlah lebih banyak dapat dilakukan dengan jumlah kelipatannya.
*Komposisi di atas berdasarkan pengalaman dalam membuat, jika berpatokan pada komposisi bahan yang terdapat pada kemasan, jelly yang dihasilkan menjadi lebih encer dan kurang manis.

Cara pembuatan:
1. Masukan bubuk jelly, gula, dan air kedalam rice cooker, kemudian tekan tombol ‘cook’.
2. Aduk secara merata supaya gula tidak mengendap di dasar rice cooker.
3. Masak hingga larutan mendidih (muncul busa putih di permukaan larutan dan menghasilkan uap).
4. Atur rice cooker pada keadaan ‘warm’, masukan nuticid acid yang terdapat pada kemasan jelly (untuk produk Nutrijell).
5. Tuangkan ke dalam kotak makan, setelah uap panas hilang masukan ke dalam lemari es.


Jelly ini bisa dijadikan salah satu alternatif bekal camilan ke kampus. Asik lho buat dibagi ke temen-temen. Selamat mencoba ;)


Bandung, 25 Januari 2014
Hesti Nuraini

This entry was posted on January 25, 2014 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Membuat jelly menggunakan rice cooker / magic com”

  1. Terimakasih Artikel Membuat jelly menggunakan rice cooker / magic com nya sangat bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Kue Putri Salju

    ReplyDelete