Galau Akademik

Semester 7 telah benar-benar berakhir seiring keluarnya nilai ke-23 sks yang saya ambil kemarin. Hasilnya? Alhamdulillah. Ini adalah IP terbaik yang pernah saya dapat selama kuliah. Kemudian muncul pertanyaan kepada diri sendiri, Kenapa ga dari dulu sih nilai saya kayak gini? Kenapa ga dari dulu sih usaha saya kayak gini? Kenapa ga dari dulu sih cara belajar saya kayak gini? Dan serentetan pertanyaan kenapa dan penyesalan lainnya... Mungkin ini adalah cara Tuhan unuk ngasih 'kuliah' yang beneran ke saya. Biar di kehidupan yang sesungguhnya saya selalu serius dari awal. Ga baru gedandapan di akhir buat memperbaiki semuanya.

Saya jadi ingat masa SMA saya dulu. Sama persis. Kelas satu belajar seadanya, remidi biasa aja, nilai pas-pasan yang penting lulus. Baru di kelas tiga bener-bener usaha keras biar bisa masuk ITB yang otomatis hasilnya juga bikin semua nilai di rapor naik. Pas kuliah... ternyata sama aja. Terlalu sibuk unit ini-itu di semester awal sampai mengabaikan akademik, bahkan sempet ga lulus satu mata kuliah. Tapi syukurlah, Allah lagi-lagi masih sayang dan ngasih kesempatan saya buat memperbaiki semuanya. Semoga senantiasa dilancarkan sampai lulus Juli nanti, aamiin.

Ngomong-ngomong soal akademik, sekarang saya lagi galau sedih maksimal gara-gara mata kuliah yang sangat ingin saya ambil tidak dibuka semester ini, padahal semester ini kan semester terakhir saya kuliah di ITB :') Nama kuliahnya adalah Apresiasi Sastra. Yup! Kalian ga salah dengar kok. Mata kuliah ini emang belajar tentang sastra. Di ITB? Iya. Di ITB. Makanya saya pengen banget ambil. Mata kuliah ini sejenis gitu lah sama mata kuliah Jurnalisme Sains dan Teknologi yang pernah saya ambil tahun lalu. Dan saya baru tahu kalo ternyata si ApSas cuma dibuka di semester ganjil. Nyesel banget kenapa semester kemarin saya ga ngambil makul itu dan malah ngambil mata kuliah berkode EL5xxx.

Oiya, fyi, saya akhirnya membatalkan niatan saya untuk mengambil program fastrack. Nggak tahu rasaya saya ga siap aja untuk menuntut ilmu di jalan itu. Saya bukan tipe orang yang bisa belajar dan ngoprek sendiri seperti yang harus dilakukan mahasiswa di program magister teknik. Takut TA malah keteteran, takut gabisa ngikutin kuliah magister, takut gabisa ngoprek, takut thesis jadi abal-abal dan ketakutan-ketakutan yang lainnya. Oke, saya akui saya emang penakut masalah beginian. Kurang percaya diri, ga yakin sama kemampuan diri sendiri, dan faktor minder yang lain. Cupu banget lah pokoknya. Entahlah. Kayaknya kerja dulu akan lebih baik untuk kehidupan saya. Yah... setidaknya saya sudah tau apa yang harus saya raih saat saya kerja nanti. Jadi lebih bermotivasi tentunya kalo udah punya target.

Bicara soal target, kayaknya banyak temen-temen saya yang targetnya saat ini meleset gara-gara perubahan kurikulum. Kami angkatan 2010 jadi 'korban' perubahan kurikulum yang terjadi di tahun 2013. Mata kuliah yang ga wajib jadi wajib, yang wajib jadi pilihan, yang pilihan bingung itu masuk pilihan non prodi atau pilihan bebas. Ditambah kebijakan kaprodi baru yang ga sama dengan kebijakan yang pernah diterapkan oleh kaprodi yang lama. Yah, begitulah. sebagai mahasiswa yang pengen lulus cepet, tentu saja kami semua menuntut keadilan biar ga harus kebanyakan ngambil mata kuliah di semester terakhir.

Dan galau akademik yang paling termasyur saat ini tentu saja Galau Tugas Akhir alias GTA. Rasanya pengen segera nyelesaiin, tapi kok ya susah, tapi kok ya bingung mulai dari mana, tapi kok ya data belum lengkap, tapi kok ya belum paham ini itu, dan tapi-tapi yag lainnya. Ya Allah mudahkanlah TA saya ini, lancarkanlah pengerjaannya mulai bulan ini, Februari, Maret, dan inyaallah April udah selesai, Mei bisa sidang, Juni udah lulus, dan Juli akhirnya wisuda. Aamiin ya rabbalalamin.

Duh, maaf ya kalau saya sering galau. Semoga Allah menghilangkan segala kegundahan dan kegalauan di hati dan digantikan dengan ketenangan batin supaya semuanya lancar dan segala yang kita cita-citakan terkabul. AAMIINN...


Bandung, 14 Januari 2014
Hesti Nuraini

This entry was posted on January 14, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply