Internship PT. Huawei Tech Investment 2013

Kalo kata Putu, “Rasanya kaya baru kemarin Pak Adit nampilin video Mr.Bean di kelas, sekarang udah mau kp aja :’)”

Semester 6 telah benar-benar berakhir seiring keluarnya nilai di ol.akademik. Pertanda bahwa mahasiswa ITB 2010 udah harus mulai Kerja Praktek alias KP. Dulu pas semester 5, saya pengen banget nanti bisa KP di stasiun TV, TV manapun boleh deh. Nyari info kesana-kemari akhirnya dapet lah itu alamat-alamat email trus saya kirim segala macam CV, trasnkrip, proposal buat bisa KP di salah satu stasiun TV tersebut. Tapi hasilnya, nihil, ga ada respon satupun. Akhirnya saya pundung dan cuma ikut-ikutan temen sekelas aja pada mau KP dimana hahaha.

Temen-temen Teknik Telekomunikasi 2010 apply ke macem-macem perusahaan. Ada yang di GMF, Telkomsel, Chevron, Telkom, PT.Inti, UAVindo, Lintas Arta, dan Huawei. Awalnya saya ikutan geng Lintas Arta yang ga banyak ribet persyaratannya, tapi setelah lama digantung dan tak kunjung diberi kepastian, saya apply di Huawei disaat-saat terakhir. Dan seminggu kemudian email itu datang juga, panggilan buat interview langsung di Huawei Jakarta.

Sedikit cerita saat interview, waktu itu saya 3x interview untuk 3 departemen. Departemen Data Communication, Wireless, dan Career Solution. Semuanya langsung interview sama mentornya dan semuanya nanyain materi kuliah, hiks :( mulai dari materi Siskom, Jartel, Komdat, Elkom, Medan, Antena, sampe materi praktikum. Ga ngerti apa-apa, rasanya semua materi kuliah menguap setelah ujian hahaha. Tapi pas interview Departemen Career Solution rasanya agak beda, soalnya departemen ini emang ga teknik-teknik banget, lebih ke bisnis industri telekomunikasinya. Yang ngewawancara 2 orang, satu Indonesia, satunya orang Cina-Malaysia gitu. Dan alhamdulillah saya diterima di departemen ini. Career Solution Development and Marketing atau biasa disebut CSD.

Jadi total ada 26 orang interns di Huawei tahun ini. 18 orang dari ITB, 8 orang dari ITTelkom. yang anak ET sendiri ada 12 orang (banyak banget ya) diantaranya: Ichwan, Ana, Ami di Departement Radio Network Planning (RNP); Akhmadanna sama Luthfi di Wireless; Putu, Zaki, Herdito, Thariq di Base Station System (BSS), Hasbi di Transmission Network Panning (TNP), Fadhil di Data Communication dan saya sendiri di CSD. Ada juga anak EL 2010 nya, Ajang, Reza, Yudi, dan Ano yang minta banget dipanggil Rein disana :p

Di Huawei ini kami dapat sahabat baru, namanya Mbak Diny tempat berkeluh kesah hehehe nggak ding, Mbak Diny ini PR-nya Huawei, jadi beliau yang ngurusin kami dari awal pendaftaran sampai sekarang. ps: mbaknya lulusan S2 SBM dan cantik :)

Semangat KP-nya Geng Huawei! Salam Kerja Keras hahaha...


Jakarta, 6 June 2013
Hesti Nuraini

This entry was posted on June 06, 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Internship PT. Huawei Tech Investment 2013”

  1. Mbak, saya mau tanya. Untuk apply ke Huawei bagiamana caranya? itu ditujukan kemana ya? Adakah email yanng bisa dihubungi? Saya sudah mencari-cari tapi tidak kunjung ditemukan. Saya juga ingin kerja praktik disana...

    ReplyDelete
  2. kalau saya dulu recruitment-nya langsung dikoordinasi dari kampus, sudah dari tahun ke tahun kerja sama.

    ReplyDelete