5 cm. (the movie)

12.12.12. Di tanggal yang kata orang istimewa itu, saya bersama teman-teman kru radio kesayangan (thanks buat Andre yang ngebeliin 15 tiket buat kru) nonton bareng film yang hari itu tayang perdana "5cm". Film yang sudah ditunggu oleh banyak orang sejak beberapa bulan yang lalu ini akhirnya menjadi saya tunggu-tunggu juga setelah sekitar 2 minggu yang lalu saya dateng ke acara roadshow-nya di Ciwalk. Gimana ga ditunggu, orang waktu itu si Fedi Nuril super ganteng banget hahahaha... enggak ding, sebenernya mulai ga sabar liat gara-gara liat trailernya yang nyeritain tentang kisah persahabatan. Saya -yang notabene selalu loyal sama sahabat-sahabat saya- emang selalu suka film tentang persahabatan. Dan mau ga mau abis liat trailernya yang kebayang adalah muka-muka cupis sahabat cupis saya hahaha dan saya pengen banget nonton film ini sama mereka.Tapi akhirnya karena kru nawarin nonton duluan yaudah ikut aja deh, males juga soalnya kalo harus ngantri sendiri *ups hehe lagian 2 sahabat cupis terbaik saya juga merupakan kru teknik di radio tercinta, jadi setidaknya bisa nyambung nonton sama 2 cupis itu :3
Nih Cover film 5 cm yang keren gitu gambarnya

Saat roadshow film ini saya mendapat banyak cerita dari Lia Ndul sahabat saya yang udah baca novelnya sekaligus udah pernah nyampe ke puncak Semeru tahun lalu. Dia ga sabar banget buat nonton filmnya, dia bilang dia kangen Semeru dan akhir tahun ini berencana naik lagi setelah nonton filmnya. Berdasarkan cerita para cast-nya saat bikin film yang katanya luar biasa banget mulai dari pembuatan filnya yang sampe bawa 130-an porter kesana, si Ian yang sampe gulung-gulung buat nyampe puncak, si Arial yang sempet pingsan, sampe mbak cantik pevita pearce yang kepepet pup di puncak tertinggi di Pulau Jawa itu, dan tak lupa Fedi Nuril yang tetep ganteng dalam kondisi apapun. Hmmm... tapi cerita cast-nya msih kalah sama cerita langsung dari Lia ndul yang seru abis gimana dia sampe meler-meler berjuang sampe ke puncak dengan badan yang sekecil itu.

Jadilah ekspektasi saya udah tinggi banget nih pas mau nonton. Duduk di kanan saya Dancups, di kiri saya Putunyu, udah siap banget nih buat nonton. Cerita awalnya oke nyeritain tentang persahabatan 4 cowok 1 cewek yang udah deket banget kayak sodara sampe kemudian mereka memutuskan buat ga ketemu selama 3 bulan dan di saat mereka ketemu lagi mereka pergi buat mendaki Gunung Semeru. wussshhhhhhhhhhh~

Setting nya udah ga perlu ditanya lagi  kerennya kayak apa. Pemandangannya bagus banget! Cuma agak kurang abis pikir aja sih mereka mau naik Semeru dengan persiapan yang kayak gitu padahal mereka belum pernah naik gunung gitu sebelumnya, Lia aja yang udah sering naik pas mau ke Semeru persiapannya ga se-simple itu. Hmmm... lanjut pas mereka mulai jalan juga kayak ga ada capeknya gitu apalagi yang cewek-ceweknya. Alur cerita pas mendakinya juga saya rasa sangat kurang, kesannya jadi kayak naik Semeru tu gampang-gampang aja cuma beberapa jam nyampe. Walaupun di akhir saat hampir sampai puncak keliatan sih perjuangan beratnya tapi tetep aja ekspektasi saya harusnya perjuangannya lebih berat dari itu (berdasarkan cerita Lia). Tapi ya emang  pemandangannya luar biasa banget pas dipuncaknya itu. Bagaikan berdiri di atas awan~

“…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu…cuma…”
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas”
“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja...”
”Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya...”
”Serta mulut yang akan selalu berdoa...”

Kutipan  di atas bagus dan dalem banget maknanya. Tapi entah mengapa terkesan lebay saat para cast ngucapinnya pas mau naik dan pas udah nyampe di puncak. Jadi kerasa di buat-buat aja sih. Ditambah adegan semacam orasi pas di puncak, itu ga paham lagi deh Dancups sama Putunyu ketawanya udah ga nyantai banget wkwkwkwk peace ^^v

Oke lanjut dengan cerita turun gunung. Saat di Ranu Kumbolo itu serius pemandangannya oke banget Subhanallah apalagi mereka berenang bareng di Ranu-nya itu bikin pengen bangeeeeeeeeeeeet berenang disana! Suatu saat saya juga harus bisa renang di sana! Nah, mulai babak itu mulai kerasa romance-nya. Dan saya dibikin speechless sama salah satu scene pas malem-malem di Ranu Kumbolo (lihat gambar di bawah ini)


Disini si Genta yang diperanin Fedi Nuril ngungkapin perasaannya ke Riani sahabatnya sendiri. Genta emang udah lama ngasih perhatian lebih ke Riani tapi karena saking dekatnya persahabatan mereka, si Genta udah gabisa bedain mana perhatian sebagai teman atau mana yang perhatian lebih dari itu. *ehem ngerti banget sih perasaannya Genta* hahahaha. Tapi yang bikin super speechless adalah saat si Riani bilang kalo dia ngerasaain hal yang sama, bukan, bukan sama Genta, tapi sama Zafran. Aduh!

Gabisa ngebayangin  gimana perasaannya Genta waktu itu. Di saat hatinya dibuat bergejolak gara-gara suka sama sahabatnya sendiri sampai akhirnya dia bisa menang dari konflik itu dan dia memutuskan buat confess perasaannya tapi ternyata cewek yang dia suka justru suka sama cowok yang notabene juga sahabat dia sendiri. Sakit banget nggak sih rasanya... Dancups di sebelah kanan udah ber-aaaaaaaaahhhhhhh-ria sedangkan Putunyu di sebelah kiri udah ihik-ihik kayak mau nangis, dan saya sendiri udah gabisa ngomong apa-apa lagi karena yang ada di bayangan saya bukan lagi Genta-Riani-Zafran...

Tapi overall seneng banget bisa nonton film ini. Bagus! pemandangannya. Masih berharap bisa nonton sama Lia sih biar bisa denger pendapat dia langsung. Oiya pengen nonton sama cupis juga kaena pasti jadi film komedi jatohnya wkwkwkwk :p Dan kalo Putunyu jadi pengen naik gunung setelah nonton film ini, saya tetep belum luluh buat berani naik gunung hihihi cukup pengen bisa berenang di Ranu Kumbolo aja :D


Bandung, 12 Desember  2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on December 18, 2012 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply