Life of Pi (the movie)

Life of Pi pada dasarnya menceritakan kehidupan seorang Piscine Molitor Patel yang disapa Pi (baca: pai). Film ini diangkat dari novelnya yang terbit pada tahun 2001 dengan judul yang sama dan mendapat rating 8.4 versi imdb. Sebelum menonton film nya saya membaca dua baris tulisan yag terdapat di hadiah pembatas buku yang saya peroleh dari loket bioskop. Ya, saya cuma baca itu karena memang sangat mendadak tiba-tiba nonton film ini. Tulisannya begini: "KISAH YANG LUAR BIASA, PENUH KEAJAIBAN, AKAN MEMBUAT ORANG PERCAYA PADA TUHAN." Setelah membaca itu, saya langsung penasaran sama film ini.

Life of Pi the movie (2012)
Di awal film ditunjukkan setting sebuah kebun binatang di India yang sangat bagus pemandangannya dengan beragam binatang di dalamnya. Kemudian diceritakan Pi dan asal usul namanya yang sangat unik hingga kecerdasannya dalam menghafal bilangan pi. Oiya, Piscine Molitor sendiri merupakan nama sebuah kolam renang umum di negara Perancis. Kolam ini bagus sekali, dalam film ditunjukkan Paman dari Pi (sang pemberi nama) yang berenang di kolam renang itu bagaikan berenang di langit. uuuuuuuu.... pokoknya keren banget deh, bikin pengen bisa berenang disana juga hahaha... :D

Cerita berlanjut tentang perjalanan Pi dari India ke Kanada besama keluarga dan seluruh binatang penghuni kebun binatangnya naik kapal mengarungi Samudra Pasifik. Unfortunately, badai menghantam dan kapal tersebut terancam karam. Sedih banget pas adegan ini, binatang-binatangnya lepas, berjuang menyelamatkan diri dari deburan ombak dan kilatan petir. Hampir nangis pas liat binatang-binatang itu teriak-teriak kebingungan :'( Namun akhirnya, Pi bersama seekor zebra, seekor berang-berang, 'Orange Juice' si orang utan, dan Richard Parker sang Harimau Bengali selamat dalam satu perahu sekoci. Tentu saja konflik menjadi lebih menarik setelah itu. Kemampuan mereka bertahan hidup sangat diuji hingga akhirnya yang tersisa hidup hanyalah Pi dan Richard.

Bisa bayangin ga harus bertahan hidup di tengah-tengah Samudra Pasifik dengan seorang... eh seekor... harimau? Dan Pi bisa melakukannya selama 227 hari. Dengan berbagai rintangan, mulai dari badai, serangan ikan terbang, ikan paus, hingga pulau karnivora, semuanya menunjukkan kebesaran Tuhan Yang Mahakuasa, Subhanallah. Selama berhari-hari itu akhirnya Pi pun bisa 'berkomunikasi' dengan si Richard. Dia bilang "Harimau memang tak punya perasaan seperti manusia, namun jika Tuhan menghendaki kami untuk hidup bersama, maka aku harus bisa berkomunikasi dengannya." Dan ya semua itu terjadi dan Kuasa Tuhan memang nyata adanya.

Film ini recommended banget ditonton buat kamu yang ingin melihat kebahagiaan dari sisi lain. Selain banyak pesan yang terkandung, juga hal-hal positif yang bisa kita petik sebagai pelajaran hidup, film ini juga lumayan bisa bikin kita ketawa lepas dengan tingkah cerdas Pi ataupun binatang-binatang dan fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan Pi. Visual effect-nya pas hujan, badai, ada ubur-ubur, ada kawanan lumba-lumba, hingga ikan paus atau saat berada di pulau karnivora pun terlihat bagus. Yang paling bikin ga abis pikir adalah itu gimana ngelatih harimaunya sampe bisa dishoot semacam itu??? Saya yang awalnya sama sekali ga ada rencana untuk menonton film ini saja rasanya ga nyesel nonton.

Setelah menonton film ini saya jadi semakin yakin akan mujizat Tuhan, selain itu saya yang awalnya ga terlalu suka dengan binatang jadi melihat sisi lain dari binatang-binatang yang ternyata sangat lucu dan menggemaskan. Apalagi nonton dengan seorang pecinta kucing yang selalu teriak 'unyuw banget' setiap si harimau meraum 'rrraaaaauuummmmm' hahahaha... Terima kasih telah membuat film ini masuk ke dalam list unforgetable-movie saya :)

Satu kalimat lain yang tertulis dalam pembatas buku-nya...
 "BELIEVE THE UNBELIEVABLE"
pembatas buku (+kalender) yang saya dapet dari XXI


Bandung, 1 Desember  2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on December 01, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Life of Pi (the movie)”

  1. harimaunya kan efek CGI hes. bukan dilatih hahaha. justru disitu kerennya. harimau bikinan komputer bagus banget kan kaya asli

    ReplyDelete
  2. jadi harimau nya palsu? ah kecewa lah, padahal udah ngebayangin pelihara macan beneran yang unyuw kayak gitu hahaha

    ReplyDelete