Akhir Semester 5

Perkuliahan semester 5 sebenarnya telah berakhir pada 7 Desember 2012 yang lalu. Namun bagi saya semester 5 baru benar-benar berakhir setelah ujian terakhir yaitu UAS Pengolahan Sinyal a.k.a Pengsin yang sangat memabukkan kemarin (20/12/12). Rasanya seneng banget karena menurut saya semester 5 ini baru kerasa banget ilmu per-telekomunikasi-an-nya ga kayak semester lalu yang masih banyak bau-bau elektro.

So, di Semester 5 Program Studi Teknik Telekomunikasi ITB saya mengambil 22 SKS dalam 8 mata kuliah dengan 7 mata kuliah wajib prodi dan 1 mata kuliah pilihan wajib ITB.

1. Probabilitas dan Statistika
ET2092 (3SKS) seperti namanya, mata kuliah ini isinya ngitung peluang peluang dan peluang.Tapi walaupun udah belajar 1 semester tapi ga ada yang bisa ngitung peluang kita dapet nilai A dalam mata kuliah ini karena hasil kuis ataupun ujian tidak pernah dipublikasikan. Oiya, dosen mata kuliah ini adalah Pak Andriyan Bayu Suksmono yang sangat baik hati, dosen walinya Dchee sama Dancups.

2. Medan Elektromagnetik II
ET3080 (3SKS) mata kuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah semester lalu yaitu Medan Elektromagnetik I. Dosennya pun sama, Ibu Cantik Chairunnisa. Nah, mata kuliah ini kita semacam anak aksel, jadi cuma belajar sampai ujian salam waktu 2 bulan saja karena Bu Nisa yang waktu itu akan menunaikan Ibadah Haji. Karena kita nggak mau kuliah dipotong jadi yaudah deh kuliah dipepetin. Waktu itu kita sampai kuliah medan 4 hari dalam 1 minggu dan tiap pertemuan itu 2jam. Bisa bayangin maboknya kita? Tapi berdasarkan info dari pak ketua kelas Ojankribz, kelas kita lulus semua medan nya huaaaaaaaaalhamdulillah :D

3. Sistem Komunikasi I
ET3081 (3SKS) sesungguhnya kuliah ini yang rasanya paling 'telkom banget'. Soalnya gabungan antara kuliah Sinyal Sistem, Jaringan Telekomunikasi, Komunikasi Data, Pengolahan Sinyal, bahkan Probabilitas dan Statistika juga ada. Namun apa daya kondisi kelas ga pernah kondusif saat kuliah ini hehehe... Alhasil saat ujian kami harus berguru ke senior 2009 maupun anak elektro. Semoga Pak Sigit Unyuw berbaik hati memberi kami nilai 0:)

4. Komunikasi Data
ET3083 (3SKS) adalah mata kuliah yang intinya ngebahas OSI Layer. Seru banget materi kuliahnya kayak pengetahuan umum gitu, di internet juga ada semua. Bikin ngerasa hi-tech gitu deh apalagi praktikumnya bikin jaringan gitu hehehe. Dosennya adalah bapak dosen waliku tercinta Pak Hendrawan ganteng :*

5. Pengolahan Sinyal
ET3085 (3SKS) adalah mata kuliah yang paling bikin deg-deg-an semester ini. Selain materinya yang susah, masih nyambung banget sama Sinyal Sistem dan Rangkaian Elektrik, sistem penilaiannya juga saya rasa kurang cocok sama tipikal anak ET 2010. Dari 7x kuis nilai saya ga pernah menyentuh nilai 6 dari 10 poin. Padahal sesungguhnya Ibu Effrina YH lumayan jelas lho ngajarnya.

6. Praktikum Teknik Telekomunikasi I
ET3180 (1SKS) walaupun hanya berbobot 1SKS namun satumata kuliah ini terdiri dari  3 mata kuliah, 5modul Komunikasi Data, 4modul Sistem Komunikasi, dan 3modul super susah Pengolahan Sinyal. KomDat dilaksanakan di Lab Telematika, sedangkan praktikum SisKom dan PengSin dilaksanakan di Lab Radar. Praktikumnya sebenernya ga se-serem praktikum di LabDas Elektro sih, tapi laporannya itu lhooooo cuma dikasih waktu 1 hari aja dan waktu praktikumnya juga mepet-mepet bahkan bisa sampai 3x praktikum dalam 1 minggu. Tapi setelah praktikum kita jadi beneran bisa paham apa arti dari materi-materi yang dikasih selama kuliah. Ya jadi nyata gitu lah intinya dan yang pasti bikin ngerasa jadi anak telkom banget B)

7. Rekayasa Perangkat Lunak
IF2036 (3SKS) sebenarnya ini adalah mata kuliah Teknik informatika, keliatan kan ya dari kode IF nya dan nama mata kuliahnya sendiri. Menurut saya kuliah ini penting banget karena merupakan dasar bikin software. Tapi pada akhirnya dosen mata kuliah ini adalah dosen telkom juga yaitu Pak Ian Yosef yang kita bersama sudah tau bagaimana performanya :)

8. Manajemen Rekayasa Industri
TI4002 (3SKS) nah mata kuliah ini adalah kuliah yang diambil di luar prodi telkom yaitu Teknik Industri. Sebenernya kita ngambil mata kuliah ini karena mengikuti tradisi aja sih dari senior-senior hehehe... Tapi asik kok belajar tentang dasar-dasar ilmu manajemen dan yang paling penting kita dapet tugas akhir bikin business plan.  


Itu semua adalah mata kuliah yang saya pelajari di semester 5 ini. Sekarang semua perkuliahan sudah berakhir dan tinggal menunggu hasilnya keluar di ol.akademik. Semoga hasilnya lebih baik dari semester lalu. Amin :)

Oiya yang paling bikin hari-hari di semester 5 menyenangkan tidak lain dan tidak bukan adalah sahabat-sahabat saya d'Cupizz :D Kita semua selalu sekelas di semua kuliah selama semester ini, ngerjain tugas juga bareng, belajar bareng, praktikum bareng, bahkan ngerjain laporan aja pernah sampe nginep bareng, dan tentu saja main bareng terus, oiya piknik bareng kita juga pernah lhoooooo hahaha jadi ga heran dong ya kalo kita makin deket sekarang hehehe... ga ngebayangin deh kalo ga ada mereka di kelas pasti hasrat buat bolos kuliah udah tinggi banget di semester yang udah kian banyak ini hahaha :p

Oke Semester 5 beres! Ga sabar buat liburan ke Bali bulan Januari nanti!!!!!!!!!!!! tentu saja bareng cupis :p

la mia fonti di felicita - d'cupizz :*

Bandung, 21 Desember  2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on December 21, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply