SEMESTER 4 = IP 4

Hari ini adalah hari pertama di bulan kedua di tahun 2012. Perkuliahan di ITB telah dimulai satu minggu yang lalu. Tapi bagi saya hari ini saya baru benar-benar mulai memikirkan bangku perkuliahan. Ya, seminggu lalu memang jadwal kuliah masih belum pasti jadi saya masih santai-santai saja, kuliah juga sekedar masuk aja tapi belum konsen sama sekali. Belum siap >.<”


Hmmm... jadi semester ini adalah semester keempat saya berkuliah di institut teknologi tercinta ini. Setelah lumayan terengah-engah mengikuti perkuliahan di semester tiga keemarin dengan hasil yang pas-pas-an, semester empat menjadi semacam pengharapan baru buat saya untuk menambal IP TPB yang lumayan jeblok huhuhu :’(

So, di Semester 4 Program Studi Teknik Telekomunikasi ITB saya mengambil 21 SKS dalam 8 mata kuliah dengan 6 mata kuliah wajib prodi dan 2 mata kuliah pilihan wajib ITB.

1. Elektronika
EL2040 (3 SKS) adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa elektroteknik (Teknik Elektro, Teknik Tenaga Listrik, danTeknik  Telekomunikasi). Yah, namanya saja elektronika jadi materinya pasti ga akan jauh-jauh dan listrik dan semacamnya.
2. Praktikum Elektronika
EL2140 (1SKS) adalah mata kuliah yang melengkapi mata kuliah Elektronika. Walaupun bobotnya hanya 1 SKS tapi waktu yang diperlukan untuk mata kuliah ini tidaklah sedikit, mulai dari 3 jam praktikum, 1 jam kuliah, dan berjam-jam ngerjain laporan -______- *uh gabisa bayangin
3. Medan Elektromagnetik I
EL2090 (3 SKS) mata kuliah ini jadi dasar yang penting nih buat anak telkom, soalnya di semeser depan akan ada kuliah Medan Elektromagnetik II sebagai lanjutannya. Mata kuliah ini penting banget untuk mahasiswa yang ingin mengambil keahlian RADAR!
4. Sinyal dan Sistem
ET2094 (3 SKS) ini mata kuliah prodi Telkom, kodenya aja ET. Emang telkom banget sih kuliahnya soalnya belajar ngotak-ngatik sinyal gitu lah. Ribet.
5. Jaringan Telekomunikasi
ET2080 (3 SKS) ini juga mata kuliah prodi Telkom, tapi ternyata di kelas ada lumayan banyak anak Elektro yang ngambil mata kuliah ini lho, entah mengapa. Tapi kuliahnya asik kok, telkom banget, apalagi dosennya :D
6. Matematika Teknik II
MA2074 (3 SKS) kalo dari namanya udah tau lah ya isinya apa...
7. Agama dan Etika Islam
KU2061 (2 SKS) Alhamdulillah di Perguruan Tinggi sebesar ini pelajaran agama diakui sebagai mata kuliah wajib. *apasih*
8. Rekayasa Lingkungan
TL4002 (3 SKS) mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib ITB bidang lingkungan. Jadi kata ITB, walaupun kita akan dicetak menjadi seorang engineer tapi jangan pernah melupakan keselamatan lingkungan sekitar.


Dengan 21 SKS ini jadwal kuliah masih lumayan senggang sih jadi masih banyak kesempatan untuk kegiatan lain (baca: main) hahaha :D
Semoga deh impian ini bisa terwujud. SEMESTER 4 = IP 4. Amin!


Bandung, 1 February 2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on February 01, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply