Kegiatan HME di ITB Fair 2012

Tugas #1 Cakru Elektron HME ITB 2012

ITB FAIR 2012
  Pada hari Jumat, 3 Februari 2012 sampai hari Minggu, 5 Februari 2012 yang lalu diselenggarakan event terbesar di ITB yang diadakan tiap dua tahun sekali. ITB Fair 2012. Acara dibuka pada hari Jumat sekitar pukul 19.30 dengan pemasangan bola lampu oleh perwakilan tiap himpunan yang ada di ITB sembari meneriakkan salam terbaik masing-masing himpunan. Budaya berhimpun memang sangat lekat di kampus ganesha ini, tidak terkecuali bagi Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME ITB). Diwakili oleh Ketua Himpunan yang memasang bola lampu, massa HME kemudian mengumandangkan Mars HME ITB dengan bergemuruh, tak lupa pula salam terbaik Oke Champ! diteriakkan kepada seluruh massa kampus yang menghadiri acara pembukaan tersebut.
Setelah opening, diselenggarakan Proficio Award di Aula Barat. HME menjadi nominasi beberapa kategori dalam acara ini, diantaranya Pra-Palapa, Cikal Nusantara, dan Rancangan prototype ITB-Satelit. HME memenangkan Best Collaboration bersama HMM, KM SBM, dan Desain Interior dan Produk ITB melalui Tim Cikal Nusantara.Namun sangat disayangkan HME harus melepas predikat tahun lalu sebagai Juara Umum Proficio Award dan menyerahkan kepada HMTL. Hal ini menjadi semacam cambukan bagi HME agar semakin meningkatkan semangat berkaryanya.
Stand HME ITB
Keesokan harinya, berjajar stand-stand dari tiap himpunan di ITB yang memamerkan hasil karyanya. HME tetap menjadi stand yang paling keren di mata saya karena memamerkan robot-robot dan beberapa karya masa HME lainnya. Kementrian Keprofesian HME  dan Divisi Workshop HME yang menjadi penanggung jawab pada stand karya Ganesha Expo ini. Ada Adeloid, si robot humanoid yang bisa bermain bola dan Omni Robot yang bisa bergerak ke segala arah karya Ahmad Istar Tera (EL’09). Kemudian ada Led Globe karya Sambya Aryasa (EL’09) yaitu bola dunia yang ditampilkan melalui cahaya LED. Selain itu ada Hexapod si robot 6 kaki, running text, dan yang paling mutakhir Android RC yaitu robot yang dikendalikan melalui gadget android karya Luthfiadi Rahmmanto. Para pengunjung sangat antusias melihat karya-karya massa HME ini, sebagian terlihat sangat excited, beberapa yang lain sangat tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya.
ITB Fair 2012 ditutup pada pada Minggu malam dengan dilepaskannya flying lantern ke udara. ITB Fair menjadi sarana apresiasi yang sangat baik bagi karya-karya mahasiswa ITB dari tiap Himpunan Mahasiswa Jurusan dan menunjukkannya pada masyarakat luas, sekaligus menjadi pemacu agar mahasiswa ITB senantiasa menghasilkan karya-karya terbaik untuk bangsa.

LED Globe

Hexapod

Bandung, 5 February 2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on February 14, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply