Kali ini saya pengen ngebahas... hmmm... ga ngebahas juga sih sebenernya. Jadi gini, besok itu saya ada ujian mata kuliah yang namanya tertera pada judul di atas. Rekayasa Perangkat Lunak dengan kode IF2036. Sebenernya lebih tepat kalo mata kuliah ini dikasih kode ET deh, soalnya dosennya adalah dosen ET yang terkenal sangat selaw (anak ET pasti tau lah ya dosen yang jarang ngasih kuliah bahkan jarang ngasih ujian) dan cara belajarnya ET banget alias santai. Ya pokoknya gitu lah ya. Sebenernya mata kuliah ini cukup penting menurut saya karena merupakan dasar buat bikin suatu software. Tapi ya karena sikon yang ga mendukung, jadilah mata kuliah ini menjadi mata kuliah yang kurang dominan di jurusan saya semester ini.
Nah, besok itu ujian, dan dosen saya yang tercinta nan sangat imut ini cuma ngasih kisi-kisi sebagai berikut:
4. Arsitektur yang waterfall dan lain lain itu
Ya begitulah kisi-kisi yang dipost di grup Sahabat Telkom 2010. Kebayang kan gimana abstraknya,apalagi kita gapernah dikasih contoh soal oleh sang bapak dosen. UTS kemarin aja berupa tugas besar yang gitu-gitu aja. Hmmm... Baiklah langsung bahas aja ya satu-satu.
1. UML
1.1 Use Case Diagram
“Use case adalah deskripsi dari sebuah sistem dari perspektif pengguna. Use
case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipikal interaksi antar user(pengguna)
sebuah sistem dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah
sistem dipakai” menurut Munawar (2005:64). Use case diagram menggambarkan fungsionalitas
yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat
sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah
use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use
case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create
sebuah daftar belanja, dan sebagainya.
Use Case Diagram di tubes saya kemarin (e-Tutor) |
Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan
interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek
tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan
oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek
tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi
interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.Pada diagram ini,
dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram
menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari
diagram. Garis Vertical, disebut
lifeline, dilekatkan pada setiap
obyek atau aktor. Kemudian, lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika
obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation box. Obyek
dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut.Pesan yang dipertukarkan
antar obyek digambarkan sebagai sebuah anak panah antara activation box
pengirim dan penerima. Kemudian diatasnya diberikan label
pesan.
Salah satu Sequence Diagramdi tubes juga |
1.3 Class Diagram
Class Diagram keseluruhan dari tubes juga |
2. Sistem Modular
Desain sistem modular. Ditekankan pada pemecahan
fungsi-fungsi yang memiliki idependensi rendah menjadi modul-modul (subsistem
fungsional) yang terpisah sehingga memudahkan kita untuk berkonsentrasi mendesain
per modul. Sebuah sistem informasi dapat dipecah menjadi 7 subsistem fungsional,
yaitu: data collection, data processing, file update, data storage, data
retrival, information report dan data processing controls.>> intinya kayak gitu yang saya dapet dari ymayowan.lecture.ub.ac.id/files/.../SIM1.do... soalnya saya ga ngerti sama sekali apa maksudnya itu sistem modular, gapernah merasa diajarin deh -,-
3.
- Requirements definition : Proses pencarian dan analisis kebutuhan, diintensifkan dan difokuskan pada software.
- System and software design : Tahap penyusunan proses, data, aliran proses dan hubungan antar data yang paling optimal untuk menjalankan proses bisnis dan memenuhi kebutuhan perusahaan sesuai dengan hasil analisa kebutuhan.
- Implementation and unit testing : Tahap penerjemahan desain sistem yang telah dibuat ke dalam bentuk perintah-perintah yang dimengerti komputer dengan mempergunakan bahasa pemrograman, middleware dan database tertentu
- Integration and system testing : Pengujian software dilakukan untuk memastikan bahwa software yang dibuat telah sesuai dengan desainnya dan semua fungsi dapat dipergunakan dengan baik tanpa ada kesalahan.
- Operation and maintenance : Setelah dilakukan penerapan program pada perusahaan yang diinginkan, pemeliharaan juga diperlukan, termasuk di dalamnya adalah pengembangan, karena software yang dibuat tidak selamanya hanya seperti itu.
Jadi intinya... yang saya ngerti cuma dua dari keempat kisi-kisi tersebut. So, gimana ujian besok? Mari kita berdoa bersama-sama saja :') Semoga Pak *** diberi kemurahan dan kelapangan hati dalam memberi nilai kepada kami. Amin.
Bandung, 26 November 2012
Hesti Nuraini