Pengalaman Tes CPNS Kementrian Perdagangan

Seperti yang sudah saya ceritakan disini dan disini bahwa saya mengikuti Tes CPNS Kementrian Perdagangan 2014, kali ini saya akan ya menuliskan tentang pengalaman saya saat menjalani tesnya. Mulai dari TKD hingga alhamdulillah saya dinyatakan lulus.

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)
TKD dilaksanakan di kantor pusat Kemendag Jakarta. Saat itu saya masih stay di Bandung, jadi saya nginep di rumah saudara saya. TKD terdiri dari 100 soal random yang saya jawab sebisa saya dengan bermodalkan belajar dari buku kiat sukses yang saya beli di Togamas selama 3hari sebelumnya. Nilai TKD yang kita peroleh langsung keluar setelah tes. Kalau tidak salah saat itu saya mendapat nilai TWK=90, TIU=140, dan TKP=156, jadi total nilai TKD=386. Sekitar satu bulan berikutnya baru keluar pengumuman bahwa saya alhamdulillah lulus TKD.
Lulus TKD

2. Tes Kemampuan Bidang (TKB) Psikotes
Berbeda dengan TKD, TKB yang berupa Psikotes ini dilaksanakan di  Pusdiklat Kemendag yang terletak di Depok (Sawangan). Dan kebetulan saat bulan November itu saya udah stay di Depok (Margonda), ya walaupun dari Margonda ke Sawangan itu cukup jauh (naik angkot 3x) tapi ya lumayan lah dipermudah daripada kalo dari Bandung apalagi dari Solo. Psikotes saat itu lumayan sulit menurut saya, tes-nya tidak seperti psikotes-psikotes yang lain (Pertamina, BRI, Telkom, dll) soal-soalnya beda dan cukup rumit, tapi alhamdulilah juga saya lulus juga tahap ini hehehe...
Lulus TKB

3. Tes Kemampuan Bidang (TKB) Wawancara
Wawancara ini diadakan di Jakarta di kantor pusat. Sebelum wawancara ada semacam tes tertulis gitu yang terdiri dari 3soal yaitu mengenai posisi yang kita pilih, pengetahuan tentang kemendag, dan hubungan antara pendidikan/pengalaman yang kita miliki dengan posisi yang kita pilih. Oke tahap terakhir! Wawancara!Sebelumnya saya sempet nanya dan gugling sana sini katanya wawancara hanya akan ditanya tentang kuliah, keluarga, kepribadian, dan paing abnter tentang tugas akhir/skripsi. Tapi ternyata saya bener-bener ditanya tentang teknis posisi yang saya pilih, mulai dari jobdesk, metode penalaran, metode pengambilan keputusan, hingga studi kasus. Lah saya yang anak teknik ini mana ngerti tentang teori managemen perencanaan, tapi untungnya banyak pertanyaan yang bisa saya jawab berasarkan pengalaman saya di organisasi dan kepanitiaan. Dan semua jawaban yang kita ucapkan itu dicatat oleh pewawancara loh. Bener-bener uji kompetensi ini. Super thanks to Kontes Robot Nasional 2012 yang selalu saya jadikan contoh studi kasus dalam menjawab pertanyaan huhuhu...

Pengumuman akhir yang katanya akhir tahun ternyata molor sampai tahun baru 2015 (maklum lah libur panjang) dan taraaaaaaa....... Doa orang tua saya terkabul!
LULUS CPNS

Seluruh pengumuman seleksi CPNS Kementrian Perdagangan dari awal sampai akhir semuanya diumumkan melalui http://rekrutmen.kemendag.go.id/
web rekrutmen Kemendag
4. Pemberkasan
Satu minggu setelah pengumuman kelulusan, para peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan pemberkasan alias mengumpulkan berkas-berkas yang harus dilengkapi, yaitu:

Membawa dokumen masing-masing 2 (dua) rangkap (asli dan fotocopy):

1)Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani, ditujukan kepada Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Tanggal surat lamaran sesuai dengan tanggal pada saat melakukan registrasi online pada Portal Nasional Panselnas yaitu tanggal 24 Agustus – 8 September 2014;
2)Fotokopi Ijazah/STTB yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang (Rektor/Dekan) dan Ijazah/STTB asli untuk ditunjukan kepada Panitia;
3)Fotokopi Transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang (Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik/ Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik/Direktur Akademi/ Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik) dan Transkrip Nilai asli untuk ditunjukan kepada Panitia;
4)Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 (lima) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pasfoto tersebut;
5)Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang ditulis tangan dengan tinta hitam, memakai huruf kapital/balok serta telah ditempel pasfoto ukuran 3 x 4 cm (Formulir DRH didownload di website: www.rekrutmen. kemendag.go.id);
6)Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib/POLRI;
7)Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter;
8)Surat keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah (harus ditandatangani oleh dokter);
9)Surat pernyataan yang telah ditandatangani di atas materai enam ribu rupiah (didownload di website: www.rekrutmen. kemendag.go.id).
10)Semua dokumen dimasukkan dalam map berwarna hijau bagi yang berpendidikan D3 dan map berwarna biru bagi yang berpendidikan S1 serta pada bagian depan map ditulis nama, jabatan, email, dan nomor telepon/handphone yang bisa dihubungi.
Walaupun sempet galau-galau dulu sebelumnya (mungkin akan saya ceritakan di post lain) tapi akhirnya saya melakukan pemberkasan juga saat itu. Jadi sekarang tinggal menunggu NIP keluar dan pengumuman kapan harus mulai diklat, prajab, dll sebelum kerja dan diangkat jadi PNS!



Solo, 31 Januari 2015
Hesti Nuraini


This entry was posted on January 31, 2015 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

14 Responses to “Pengalaman Tes CPNS Kementrian Perdagangan”

  1. masalah pemberkasan ada tragedi ya mba pas ternyata yang fotokopian itu harus asli juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya betul sekali, saya juga banyak yg salah. Tp untung bisa disusulin sampe minggu depannya. Anda juga lolos cpns ini mas/mbak? Hehe jangan anonim dong biar bisa kenalan :))

      Delete
  2. iya mba...alhamdulillah saya keterima..nanti senin tanggal 16 - 18 feb kita pasti bersua di team building heheee ... hayooo hafalkan hymnenyaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh kebetulan saya sama sekali belum dengerin hymne nya hahaha

      Delete
  3. mba hesti, klo boleh tau psikoest nyaa kaya yg sinonom antonim dan deret angka, atau yg gambar2 pohon orang atau warteg itu mbaa... saya baru mau psikotes... mohon bantuan mba, terimakasih

    ReplyDelete
  4. Permisi,
    Saya mau bertanya. Saya mengikuti tes cpns kementerian peedagangan tahun 2017, S1 jurusan kimia, sebagai pranata lab kemetrologian. Saya lolos seleksi TKD. Lalu selanjutnya ada seleksi TKB(CAT). Tapi bukan TKB psikotes atau TKB wawancara (kedua seleksi TKB ini sudah ada jadwalnya sendiri setelah seleksi TKB(CAT) ini). Dan seleksi ini hanya untuk formasi tertentu saja seperti saya, tidak untuk semua formasi. Lalu soal2 TKB nya itu seperti apa ya? Apakah tentang kementerian perdagangan itu sendiri? Atau tentang kimia (seperti jurusan saya)? Atau tentang kemetrologian (seperti jabatan yang saya lamar)? Mohon pencerahannya. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  5. hai ka, untuk psikotes apakah soalnya seperti psikotes gmbar pohon earteg deret angka dll? tertulis atau pkai computer ya ka?

    ReplyDelete
  6. hai kak, salam kenal. Soal TKB nya berupa psikotes saja y tidak ada mengenai bidang yang kita lamar di KEMENDAG? Mohon infonya y kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba dyah ada kontak kah? Biar bisa berbagi info tentang SKB kemendag.. Kebetulan sy juga masih bingung gimana testnya nanti.. Apakah psikotest pada umumnya atau ada soal2 tentang kemendag tsb.. Bisa email sy ya mba

      Delete
    2. Maaf telat balasnya. Email saya dyah_ratnaningrum01@yahoo.com boleh lah skg kt bahas sl pemberkasan ntr. Hehe

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum mbak, salam kenal. Barangkali bisa sharing atau berbagi materi dan pengalaman skb kemendag seperti apa ya mbak ?. Mohon infonya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Kak maaf mau tanya. Untuk TKB/SKB itu hanya psikotest saja atau ada test kemampuan bidang juga ya? terimakasih

    ReplyDelete