Tes CPNS 2014

Tes rekrutmen kerja terbesar di negara ini sedang digelar. Apalagi kalau bukan Tes CPNS alias Calon Pegawai Negeri Sipil. Ratusan ribu penduduk Indonesia berbondong-bondong buat ikutan. Mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, hingga pemerintahan pusat. Puluhan ribu formasi/posisi dibuka untuk berbagai jurusan dan tingkat pendidikan. Pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak tanggal 24 Agustus 2014 lalu. Ada beberapa kementrian yang sudah menutup pendaftaran. Namun ada juga kementrian yang belum ada kabar kapan akan dibuka pendaftarannya. Dan untuk tahun ini, semua pelamar harus melakukan pendaftaran terpusat dulu melalui Panitia seleksi Nasional (Panselnas).  

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar:
1. Lihat daftar kementrian dan lembaga pemerintahan yang membuka lowongan di https://panselnas.menpan.go.id
Pada halaman tersebut tersedia daftar kementrian dan lembaga lain yang membuka formasi cpns beserta jumlah yang akan diterima dan latar belakang pendidikan yang dibutuhkan.
2. Registrasi awal di https://regpanselnas.menpan.go.id
Pada form ini kita sudah harus memutuskan kementrian mana yang akan kita pilih. Ingat bahwa satu orang hanya bisa mendaftar satu kementrian dan tidak dapat diubah setelah memilih.
Tampilan Form Registrasi Awal
Registrasi Awal Berhasil

3. Tunggu 1x24 jam
Pada rentang waktu ini adalah proses data kita dimasukkan ke dalam database. Setelah 1x24 jam maka kitaakan memperoleh konfirmasi pendaftaran melalui email yang berisi username dan pasword yang akan digunakan untuk login ke website tiap kementrian.
4. Login ke website kementrian yang dituju (jika kementrian tidak memiliki web sendiri maka gunakan sscn.bkn.go.id)
Gunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui email konfirmasi. Username berupa NIK sednagkan password adalah kode yang kita buat sendiri saat registrasi awal (tahap 2).
5. Lengkapi data diri dan dokumen yang diminta di tiap website kementrian
Tiap kementrian mensyaratkan data dan dokumen yang berbeda-beda. Yang jelas, data yang dimasukkan harus lengkap, jelas, dan sesuai dengan ketentuan yang diminta. Ada kementrian yang meminta dokumen (ijazah, KTP, KK, TOEFL, dll) untuk diupload ke website. Namun ada juga kementrian yang nantinya menjadwalkan untuk menyerahkan dokumen secara langsung.
6. Pilih formasi yang diinginkan dan sesuai dengan latar belakang pendidikan kita
Setelah mengisi lengkap data diri, kita baru bisa memilih formasi yang kitainginkan dalam kementrian tersebut. Satu orang bisa memilih maksimal 3 formasi asalkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
7. Cetak bukti registrasi
Terakhir, setelah berhasil mendaftar, biasanya ada bukti registrasi yang bisa dicetak. Oiya, kalau misal ada masalah dalam hal registrasi bisa menanyakan ke akun twitter resmi panselnas ya di @panselnas, responnya baik kok.
Kemudian tinggal menunggu jadwal seleksi selanjutnya. 

Alur seleksi CPNS yaitu:
1. Seleksi Administrasi
Dokumen yang diseleksi bisa dari yang telah diupload maupun harus diserahkan secaralangsung kepada panitia. Tiap kementrian memiliki kebijakan masing-masing. Ada juga lembaga yang menggunakan sistem seleksi berdasarkan IPK atau berdasarkan perbandingan jumlah pelamar.
2. Pengambilan Nomor Tes
Nomor tes ini juga ada yang baru bisa diperoleh setelah menyerahkan dokumen asli secara langsung, ada juga yang langsung bisa dicetak dari website setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Tiap kementrian juga memiliki kebijakan masing-masing dalam hal ini.
3. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tes ini dilaksanakan oleh masing-masing kementrian, waktunyapun tidak serentak. Namun semua soal dan standar penilaian adalah sama dan berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan sistem CAT CPNS. Latihan soal CAT dapat diperoleh di  http://www.bkn.go.id/pengumuman/simulasi-cat-bkn-2 (offline) atau di http://simulasicat.menpan.go.id (online).
4. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
Peserta yang lolos TKD kemudian harus menghadapi TKB berdasarkan bidang masing-masing kementrian atau lembaga.
5.Wawancara
6.Pengumuman penerimaan CPNS

Proses rekrutmen CPNS ini memakan waktu yang cukup lama. Ya kira-kira akhir tahun nanti baru akan sampai pada pengumuman akhir. Jadi harap sabar ya menunggu prosesnya. Semoga sukses! Jadi PNS atau tidak nantinya, semoga kita semua dapat mengabdi pada negara ini dengan baik.


Bandung, October 15, 2014
Hesti Nuraini

This entry was posted on October 15, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply