Tes CPNS 2014: Kementrian Perdagangan (Kemendag)

Masih lanjutan dari post sebelumnya. Kali ini saya akan membahas tes CPNS secara lebih spesifik, yaitu Kementrian Perdagangan dimana saya daftar. Pasti agak aneh kan kenapa saya ga daftar kominfo dan malah daftar kemendag? Secara jurusan saya teknik telekomunikasi yang sangat erat kaitannya dengan kominfo.

Well, sebenarnya ada beberapa alasan kenapa saya akhirnya daftar kemendag. Pertama, kemendag ini termasuk yang paling awal buka pendaftarannya, bareng sama kemenkeu. Kedua, kemendag juga termasuk yang terlihat paling siap dari sisi website-nya. Ketiga, di kemendag ada formasi dengan jurusan teknik telekomunikasi. And you know what? Penempatannya di Bandung. Dan terakhir, sebenarnya ini alasan pribadi semata karena kakak sepupu saya ada yang diterima disana beberapa tahun silam dengan biaya 0 rupiah. Jaman dulu jarang kan penerimaan CPNS yang bener-bener murni. Oiya trus lumayan sering dinas ke luar negeri juga hehe.

Sebelum daftar pastikan jurusan kita ada di dalam daftar formasi yang dibutuhkan ya. Oke jadi langsung saja ke tahap-tahapnya...
1. Registrasi Awal di https://regpanselnas.menpan.go.id
Pastikan memilih Kementrian Perdagangan di kolom Instansi. Jangan sampai salah!
2. Tunggu 1x24jam
Tunggu sampai dapat email konfirmasi dari Panselnas yang isinya username dan password.
Gunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui email konfirmasi. Username berupa NIK sedangkan password adalah kode yang kita buat sendiri saat registrasi awal (tahap 1).
4. Lengkapi data diri dan upload dokumen yang diminta
Data yang dimasukkan harus lengkap, jelas, dan sesuai dengan ketentuan yang diminta. Untuk Kemendag kita harus mengupload dokumen (Foto, KTP, Ijazah, Transkrip nilai, dan nilai TOEFL) dengan ukuran yang telah ditentukan. Oiya, untuk IPK disyaratkan >3.00 dan untuk TOEFL>550. Pake TOEFL prediction aja gapapa kok, buktinya saya lolos administrasi hehe.
5. Pilih formasi yang diinginkan dan sesuai dengan latar belakang pendidikan kita
Setelah mengisi lengkap data diri, kita baru bisa memilih formasi yang kita inginkan. Satu orang bisa memilih maksimal 3 formasi asalkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dan untuk kemendag, cuma ada 1x kesempatan buat milih formasi, setelah itu gabisa diubah-ubah lagi. Saya aja salah milih antara urutan pilihan 1 dan 2, tapi ya sudahlaaaah...
6. Cetak bukti registrasi
Setelah berhasil mendaftar ada bukti registrasi yang bisa dicetak. (Tapi sebenernya kurang jelas bukti ini untuk apa).
7. Seleksi Administrasi
Setelah daftar tinggal tunggu hasil seleksi administrasi. Kemendag juga termasuk cepat dalam hal ini. Satu minggu setelah tanggal penutupan pendaftaran, hasil seleksi administrasi langsung keluar. Bagi yang lolos seleksi administrasi bisa langsung mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) untuk TKD. Jadwal TKD juga diumumkan, yaitu satu minggu setelah pengumuman. Cepet kan? Setau saya Kemendag adalah yang pertama TKD tahun ini.
Kartu Tanda Pesera Ujian (KTPU)

8. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
TKD dilaksanakan di kantor pusat Kemendag Jakarta. Sekitar 1800 peserta yang lolos seleksi administrasi dibagi dalam 3 hari tes dengan tiap hari ada 4 sesi tes. Jadi tiap sesi ada sekitar 150 peserta tes dengan jumlah laptop yang sama diletakkan dalam aula kemendag. Nilai TKD yang kita peroleh juga langsung keluar setelah tes. Tapi hasil lolos atau tidaknya masih belum diumumkan, katanya masih nunggu standar nilai/passing grade dari panselnas dan nunggu semua peserta tes juga kan.
9. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
Peserta yang lolos TKD akan lanjut ke tahap TKB. Nah, kata panitia kemendag, TKB ini terdiri dari Psikotes dan Wawancara. Di kartu tes (KTPU) juga tertulis tahapan-tahapan tes seperti itu. Ngga tau deh maksudnya gimana, soalnya hasilnya juga belum keluar. Jadi ya hanya bisa berdoa yang terbaik saja lah ya.
10.Pengumuman penerimaan CPNS.


Jadi cukup segitu dulu yang saya bisa share tentang Tes CPNS di Kementrian Perdagangan tahun 2014. Semoga lekas ada pengumuman dan mendapatkan hasil yang terbaik. Bagi yang mau share cerita tentang kementrian lain juga silakan ya saling berbagi informasi :D


Bandung, October 15, 2014
Hesti Nuraini

This entry was posted on October 15, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Tes CPNS 2014: Kementrian Perdagangan (Kemendag)”

  1. saya juga sedang menunggu hasil TKB mba hesti. mdh2 kita lolos. amiin

    ReplyDelete