Arak-arakan Wisuda April HME ITB 2012

Tugas #3 Cakru Elektron HME ITB 2012


Sabtu, 14 April 2012, lebih dari 100 orang massa HME ITB turut berpartisipasi dalam arak-arakan wisuda yang menjadi salah satu budaya yang dimiliki Institut Teknologi Bandung tiap acara wisudanya. Setelah diguyur hujan yang cukup deras, pukul 14.30, HME yang mendapat urutan ke-17 beranjak dari Saraga, mengarak keenampuluh wisudawan dan wisudawati dengan mengumandangkan lagu-lagu HME. Dengan mengusung tema Betawi April, massa HME berjalan dengan kostum baju adat betawi dengan penuh semangat, diiringi ondel-ondel sebagai properti yang telah dibuat beberapa hari sebelumnya.
“Ini adalah arak-arakan paling ramai dari tiga kali saya pernah ikut mengarak. Tidak hanya massa 2010 sebagai panitia initi saja, massa 2009 dan 2008 juga banyak yang datang meramaikan.” Ujar Yoga sebagai massa 2010. 

Arak-arakan berjalan melalui lingkar luar sebelah barat. Sampai di depan Gedung BSC-A terjadi “kemacetan” akibat antrian perform di depan jam gadang. Kurangnya koordinasi dari panitia lapangan, mengakibatkan penumpukan massa himpunan karena menunggu untuk perform.Setelah menunggu cukup lama, akhirnya tiba giliran HME untuk perform. Dibuka dengan berbalas pantun ala masyarakat betawi, kemudian dilanjutkan dengan “dance” yang dibawakan oleh beberapa massa HME 2010. Perform diakhiri dengan mengumandangkan mars HME dan salam terbaik Oke Champ!

Usai perform, massa HME meninggalkan gerbang depan menuju plasa widya untuk melaksanakan budaya wisudaan satu-satunya yang ada di ITB yaitu “setrum-setruman”. Disinilah, mantan Kahim HME dan beberapa wisudawan lain membuktikan kekuatannya sebagai putra petir, yaitu dengan disetrum sembari menyanyikan sebuah lagu. Menjelang petang, massa beralih ke parkiran labtek VIII untuk mengakhiri acara wisudaan dengan lomba tarik tambang sebagai pengganti acara perang air yang biasa dilakukan.
“Gila, wisudaan kali ini rame banget. Mulai dari arak-arakan, perform, sampe setrum-setrumannya semuanya seru banget, jauh lebih rame dari wisudaan sebelumnya. Puas banget gue ngarak kali ini!” Alif mengungkapkan kegembiraannya seusai mengarak wisudawan.

Bandung, 21 April 2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on April 21, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply