Teknik Telekomunikasi (ET) ITB

Teknik Telekomunikasi. Bidang yang nggak ada matinya!

Sahabat Ganesha tahu nggak bidang apa yang paling berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini? Setuju nggak kalo HG! jawab bidang telekomunikasi? Bagaimana tidak, di tahun 90-an saja teknologi telepon masih terbatas pada telepon kabel di rumah-rumah, tapi Sahabat Ganesha bisa melihat sendiri kan bagaimana perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini yang bisa sampai video call atau bahkan conference call dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia. Nah, kemajuan teknologi ini tak lepas dari peran engineer di bidang telekomunikasi. Maka dari itu sekarang HG! mau bahas nih tentang program studi Teknik Telekomunikasi di ITB yang pasti oke banget dong!
Pada Halo Ganesha edisi sebelumnya sudah pernah dibahas kan mengenai fakultas di ITB yang namanya STEI (baca di sini), masih ingatkah Sahabat Ganesha? Di STEI ada 5 program studi yang keren-keren, salah satunya ya prodi Teknik Telekomunikasi ini. Dulunya Teknik Telekomunikasi (ET) adalah subjurusan dari Teknik Elektro (EL), namun seiring dengan kebutuhan dunia akan telecommunication engineer yang terus meningkat, maka pada tahun 2008 ITB meresmikan berdirinya Program Studi Teknik Telekomunikasi.
Apa sih yang dipelajari di ET ini? Namanya saja telekomunikasi, tentu saja mempelajari bagaimana suatu informasi atau data sampai dengan baik, benar, dan aman dari suatu tempat ke tempat yang dituju sejauh apapun jaraknya, supaya nggak ada yang namanya salah paham gara-gara pesan yang dikirim berbeda dengan pesan yang diterima. Mulai dari pesan suara via telepon atau ponsel, pesan singkat (SMS), hingga pengiriman data-data lain (file, picture, video) via internet. Informasi atau data tersebut biasanya ditransmisikan sebagai kode berupa sinyal-sinyal. Hal-hal tersebut dipelajari dalam berbagai mata kuliah di ET antara lain Komunikasi Data, Sistem Komunikasi, Pengolahan Sinyal, Jaringan Telekomunikasi, Medan Elektromagnetik, hingga mempelajari Antena. Jadi anak ET belajarnya nggak jauh-jauh dari yang namanya sinyal, gelombang, sampai pemancarnya.
Di ET sendiri ada dua Kelompok Keahlian. Yang pertama adalah Telematika, singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Di Telematika ini lebih banyak mempelajari tentang jaringan, komunikasi data, internet, dan sejenisnya. Sahabat Ganesha tahu sendiri kan perkembangan dunia internet mulai dari 2G, 3G, hingga sekarang hampir 5G. Mungkin nanti akan sampai pada 10G kalau Sahabat Ganesha masuk ET dan mempelajari telematika hehehe siapa tahu kan?!.
Kelompok Keahlian yang satu lagi namanya Radar (Radio Detection And Ranging) yang kebanyakan mempelajari tentang gelombang radio maupun gelombang elektromagnetik yang lainnya. Radar ini keren banget lho, Sahabat ganesha! Gimana nggak keren, mainannya aja di level frekuensi tinggi gitu. Contohnya BTS milik operator-operator selular, pemancar radio atau televisi, hingga radar milik pesawat. Wuih...
Bisa dibilang bidang telekomunikasi ini adalah bidang yang nggak ada matinya! Karena sampai kapanpun manusia butuh berkomunikasi kan? Jadi untuk prospek kerjanya sendiri, jelas luas banget lah ya. Contohnya yang sedang berkembang pesat saat ini, seperti operator telekomunikasi (provider telepon selular), atau vendor yang terus mengembangkan teknologi telepon hingga modem  internet. Namun Teknik Telekomunikasi tidak sebatas operator dan vendor saja lho. Masih banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan ET. Sebut saja ahli trafik yang dapat berperan dalam mengurangi jumlah antrian (queueing) di Indonesia, jadi biar SMS atau BBM kita nggak sering pending lagi gitu. Kalau Sahabat Ganesha mau jadi konsultan atau ahli regulasi telekomunikasi di Indonesia pun juga bisa. Siapa tahu kelak jadi Menkominfo kan?!
Nah, kalau ingin tahu lebih lanjut, Sahabat ganesha bisa follow akun twitter @sahabattelkom, atau langsung tanya pada kakak-kakak Prodi Teknik Telekomunikasi, yang sering ngumpul buat belajar bareng atau sekedar sharing di Telematika Cozy Corner, letaknya di labtek 8 lantai 4 Gedung Ahmad Bakrie ITB.

“Awalnya alasan saya masuk ET karena nggak suka EL, EP, IF, STI, tapi kemudian saya jadi pengen belajar hal-hal baru karena bidang ET juga terus berkembang kan.. hha. Di ET belajar gelombang, jaringan dan sistem komunikasi. Kalo lulus nanti pengennya kerja dulu di perusahaan telekomunikasi (service boleh, provider boleh) cari pengalaman, lanjut nerusin S2 di luar negri, trus bikin perusahaan service sendiri.” - Danang Primaadi ET’10

“Bidang ET itu dinamis, cepat berkembang, makanya pengen belajar terus di jurusan itu. Penasaran aja gimana data dikirim, gimana sebuah pesan bisa dikirim dari HP yang kecil. Saya yakin kalo lulusan ET udah pasti bisa diterima kerja dimana-mana. Operator selular, perusahaan telkom, dll. Yang penting sekarang lulus dulu deh!” - Aditya Gianto  ET’11


Oleh: Hesti Nuraini
Ditulis untuk Majalah Halo Ganesha edisi September 2012


This entry was posted on November 13, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

6 Responses to “Teknik Telekomunikasi (ET) ITB”

  1. izin share ya kak :)

    ReplyDelete
  2. Ka mau nanya nih, teknik telekomunikasi ada pelajaran kimia ga?

    ReplyDelete
  3. Di Teknik Telekomunikasi nerima berapa mahasiswa kak ?

    ReplyDelete
  4. untuk T.Telekomunkasi, bisa jadi programmer juga ga?

    ReplyDelete