Huawei Certified Datacom Associate (HCDA) Student Training

Dua hari setelah sidang tugas akhir, saya dan beberapa teman sejurusan  mengikuti sebuah training yang bernama Huawei Certified Datacom Associate (HCDA) Student Training. Training ini diselenggarakan oleh Huawei yang bekerja sama dengan Telkom, Telkomsel, dan Kementrian Kominfo yang diikuti oleh 100 mahasiswa dari ITB, Telkom University, dan UGM. Training ini berlokasi di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustiknas) Tangerang. Kami dikarantina selama satu minggu disana.

Ngapain aja trainingnya? kok sampai dikarantina seminggu? Jadi training ini dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi keahlian telekomunikasi dalam bidang data komunikasi. Materinya antara lain tentang routing dan switching jaringan, serta sedikit mengenai firewall. Selama 5 hari pertama kami dicekoki materi sertifikasi ynag sangat tidak sedikit, bukunya aja setebel gaban. 


Kemudian di hari ke-6 dilakukan ujian sertifikasi selama 2 jam. Setelah itu ada seminar dari Kominfo dan Telkomsel. Yang sangat menarik disini adalah saat seminar dari telkomsel. Pembicara saat itu adalah salah satu vice president Telkomsel yang juga alumni Elektro ITB 1994. Saat itu beliau menjelaskan bahwa kita pada engineer atau pelaku bisnis telekomunikasi sangat berperan besar terhadap perkembangan telekomunikasi di Indonesia. Simple-nya kata beliau, saat lihat orang di Papua sana bisa nelpon itu bagian dari hasil kerja kita loh, gimana bahagianya coba :D Yaaa, beliau berhasil membuat kami (setidaknya saya dan temen-temen cewek disana)  bersyukur dan makin cinta dengan bidang telekomunikasi.

Dan hari terakhir ditutup dengan acara inagurasi dan pengumuman 10 besar peserta terbaik. Sayang sekali saya tidak mendapatnkanya. Sedih sih, tapi gapapa, bisa ikut tranningnya aja udah alhamdulillah banget. Soalnya fasilitas yang diberikan emang asik banget. Mulai dari akomodasi di pustiknas yang sangat nyaman, makan yang 5x sehari (ini yang paling asyik!), teman-teman baru, dan tentu saja ilmu yang saya yakin pasti sangat bermanfaat untuk kehidupan kerja nanti.
Kak tami, yang jadi temen sekamar (ngegalau) selama seminggu
*lihat itu bukunya yang dipegang
pura-pura selfie kata mba yuli

selfie sahabat telkom

Foto bareng Kaprodi Teknik Telekomunikasi yang paling unyuw :3

Kontingen ITB




Bandung, 6 Juli 2014
Hesti Nuraini

This entry was posted on July 06, 2014 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply