Tempat Nyaman Untuk Belajar

Beberapa dari Kita seringkali sulit dapat berkonsentrasi dalam belajar karena terlalu banyaknya distraksi yang mengalihkan perhatian Kita dari tujuan utama (belajar). Kondisi lingkungan tempat belajar adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi fokus atau tidaknya belajar Kita. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan supaya Kita dapat fokus dan nyaman dalam belajar...

1. Carilah tempat yang berangin. 
Udara yang sejuk bisa menyegarkan otak Kita dan membuat Kita rileks dalam belajar. Eits, namun jangan terbuai dengan angin yang sepoi-sepoi dan malah jadi ketiduran yaa. Balkon kamar, teras, atau ruang kosong di lantai atas rumah bisa jadi alternatif.

2. Usahakan tempat tersebut sepi. 
Dengan suasana sunyi, Kita dapat lebih mudah fokus kepada hal yang ingin Kita pelajari. Suara angin atau kicauan pohon juga baik untuk membuat Kita rileks. Namun, untuk kalian yang terbiasa mendengar musik saat belajar, alunan musik klasik atau instrumental bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengiringi belajar.

3. Cahaya dan penerangan yang cukup. 
Tempat yang gelap tentu saja tidak baik untuk kesehatan mata, tempat yang remang-remang juga biasanya membuat ngantuk. Usahakan tempat tersebut memiliki jendela supaya mendapat penerangan yang cukup, atau jika malam hari pastikan terdapat lampu yang cukup terang nyalanya.

4. Pemandangan yang luas (dan indah). 
Salah satu kelebihan lain terdapatnya jendela di tempat belajar adalah Kita bisa melihat pemandangan di luar sehingga pandangan mata kita menjadi luas dan dapat menyegarkan pikiran. Usahakan jangan belajar menghadap tembok, nanti bisa buntu otaknya hehe. Namun jangan pula terpukau dengan pemandangan sampai lupa untuk belajar.

5. Jauhkan diri dari kasur, bantal, guling, selimut, dll. 
Barang-barang tersebut akan sangat mudah membuat Kita mengantuk. Sebisa mungkin untuk tidak belajar di kamar, jikalau harus di kamar, posisikan diri duduk di depan meja belajar menghadap ke jendela.

6. Jauhkan diri dari koneksi internet. 
Matikan koneksi internet di hp atau simpan dulu hp nya di lemari. Jika sedang belajar di laptop dan membutuhkan internet untuk referensi, jangan membuka tab sosial media atau games yang tidak ada hubungannya dengan materi yang akan Kita pelajari. Percayalah, pada jaman sekarang ini internet merupakan distraksi terbesar dalam belajar.

7. Kuatkan niat dan jangan lupa berdoa. 
Mau sekuat apapun distraksinya, jika sudah benar-benar diniatkan untuk belajar tentu hati ini tak akan goyah hahaha. Dan yang paling penting adalah berdoa, supaya hati tenang dan dapat mencerna apa yang dipelajari dengan mudah. Niatkan belajar untuk ibadah dan mencari ridho Allah!


Selamat Belajar!




Bandung, 1 Februari 2014

Best Regards,
Hesti Nuraini
Telecommunication Engineering 2010
Bandung Institute of Technology
+6285 647 332 442
Sent from Yahoo! Mail on Android

This entry was posted on February 01, 2014 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply