Social Media Warrior Telkom Regional 2 #JamboreSocmed

"Social media activity is NOT just activity. It's an investment. It takes resource, time, etc."

Begitulah pesan yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise and Business Service PT. Telekomunikasi Indonesia. Kalimat tersebut rasanya pas sekali jika dihadapkan dengan fenomena yang terjadi sekarang ini, dimana social media tidak hanya dimanfaatkan hanya sebagai sarana komunikasi dan interaksi dengan rekan-rekan saja, tetapi juga sebagai sarana publikasi hingga promosi.

Kamis, 6 Agustus 2015 lalu, Telkom Regional 2 Jabotabes (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Serang) mengadakan sebuah acara bertajuk Jambore Socmed yang diadakan di Buperta Cibubur. Acara ini mengusung tema social media, dimana diharapkan karyawan Telkom Regional 2 (TR2) mempu memanfaatkan media social yang dimilikinya sebagai media advokasi maupun promosi atas produk dan layanan Telkom. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan suara-suara negatif tentang Telkom di dunia maya dan meningkatkan citra positif Telkom sebagai perusahaan ICT terbesar di Indonesia.
Keseruan Tim Super Jwest
Sesuai dengan nama Jambore, acara dibuka dengan kegiatan outdoor di lapangan. Peserta dari tiap-tiap witel dikumpulkan untuk menunjukkan keseruannya masing-masing. Kemudian diakan lomba Solid-Speed-Smart yang tidak hanya mengasah kekompakan saja namun juga nilai-nilai The Telkom Way serta Code of Conduct yang harus diterapkan dalam menghadapi pelanggan. Dalam sesi ini tim Jakarta Barat (Super Jwest) memenangkan lomba Smart berkat usaha Mbak Devi (CSR), Mbak Astrid (Avenger), dan Mas Roy (TA) sebagai perwakilan tim. 

Pak Arif sebagai Culture Agent bersama CSR, Avenger, dan petugas TA
Yeay menang lomba!
From Culture to Code
Dan karena acara ini tentang social media, maka sepanjang acara kami bebas untuk berfoto-foto ria dan memposting semua tentang acara di medial social yang kami miliki, terutama twitter dengan mencantumkan tagar #IamIndihome #JamboreSocmed #WarriorMeetupV0 serta #BAR untuk melihat seberapa besar kontribusi witel Jakarta Barat.

Setelah acara outdoor, acara resmi dibuka oleh Direktur Consumers Telkom, Bapak Dian Rachmawan. Beliau menyampaikan bahwa kami sebagai warrior-nya Telkom haruslah menularkan inspirasi dan informasi kepada orang lain. Kalau ada yang complain soal Telkom, kami haruslah bisa memberikan jawaban yang expert bukan jawaban-jawaban normatif ala anak-anak sekolah. Kami harus terus belajar sepanjang waktu karena "Pintar hari ini belum cukup untuk besok." Poin-poin itulah yang terekam dan saya garis bawahi dari pesan Pak Dian kemarin.

Acara selanjutnya adalah sharing session dari Iwan Setyawan sebagai expert di bidang social media. Penulis buku 9 Summer 10 Autumn ini sangat menginspirasi tentang bagaimana kita seharusnya bisa mengoptimalkan social media yang kita miliki.

 

Yang bikin acara makin seru adalah waktu istirahat kami semua makan siang bersama di pinggir danau..... yeay! 

Makan siang di pinggir danau
Ketemu temen-temen OS 2015 juga yang penempatan di TR2
Setelah istirahat dihadirkan sesi 2 sharing session oleh Kang Pandu Padmanegara tentang advokasi oleh employee di social media yang ternyata impact-nya lebih efektif. Berdasarkan penelitian ternyata akun employee dapat menjangkau ke pengguna 10x lebih banyak daripada akun official company dan akun employee 2x lebih dpercaya daripada akun CEO atau akun official company. Jadi ga ada alasan untuk employee untuk tidak memanfaatkan akun social media yang dimilikinya.

Di sesi 2 ini juga sekaligus diadakan kompetisi #kultwit tentang materi yang diperoleh sepanjang hari tersebut. Saya pun ikut berkontribusi tentunya, ikutan kultwit tentang materi dari Kang Pandu mengenai tips-tips menjadi social media warrior yang baik.

 
Dan terakhir acara ditutup dengan keynote speech dari Pak Awaluddin yang menekankan bahwa Telkom must be Enterprise Digitally Ready, dan acara ini sangatlah bagus untuk dilakukan juga oleh regional-regional lain di seluruh Indonesia.

Followers beruntung dapat hadia (plus folbek) haha
Super JWEST squad
In conclusion, saya happy banget bisa ikutan acara ini. Sangat inspiratif dan menumbuhkan semangat untuk berkontribusi lebih buat perusahaan ini. Saya juga jadi aktif lagi di twitter yang udah lumayan lama terbengkalai haha follow me ya di @nurainihesti !

Karena kerja yang biasa-biasa aja itu terlalu biasa!





Jakarta, 09 Agustus 2015
Hesti Nuraini

This entry was posted on August 09, 2015 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Social Media Warrior Telkom Regional 2 #JamboreSocmed”

  1. always deliver more than expected - Larry Page

    Salam kenal mbak hesti, saya irianata dari pekanbaru
    sekarang sedang menunggu pengumuman tahap akhir dari web rekrut telkom lokasi tes medan.
    baca cerita pengalaman dan cerita2 lain ttg telkom buat jadi makin semangat.
    mohon doanya mbak hesti, semoga saya bisa keterima di telkom juga.
    :)

    ReplyDelete