Weekend di Jakarta (3) : Edisi Pecinta Fauna (Ragunan)

Kembali lagi dengan cerita weekend di Jakarta. Kali ini edisi pecinta flora dan fauna ya huehehe… kenapa? Tak lain dan tak bukan karena weekend ini kami main ke Ragunan dan Kebun Raya Bogor…. Hula-hula….

Berwal dari Putu’s random thought buat jalan-jalan ke kebun binatang di Sabtu Pagi, yaudah deh kita langsung kesana. Sekitar jam 10 pagi kami berangkat naik busway dari shelter Benhil. Untuk menuju Ragunan, kami harus transit dulu di shelter Dukuh Atas 1, jalan dikit ke shelter Dukuh Atas 2 buat naik busway yang ke Ragunan. Singkat cerita, hampir jam11 akhirnya nyampe juga di Ragunan. Ramenya wuuuuu… jangan ditanya, pastinya banyak bocah beterbangan berseliweran.

Tiket masuk Ragunan sangatlah terjangkau, 4500 untuk dewasa dan 3500 untuk anak-anak. Pas masuk gerbang, wuaaaaaaah… Putu nggumun! Wkwkwkwk kalo saya sendiri dulu pas kecil (TK mungkin) pernah kesana sama keluarga, ada beberapa tempat yang masih saya inget banget, rumah burung yang gede banget itu misalnya.

Perjalanan dimulai dari Pintu Utara, belok ke kiri foto dulu sama burung Pelikan12345  jagoannya Putu. Abis itu belok ke kanan ada padang rumput luas yang rame dengan keluarga-keluarga yang lagi piknik dengan tikar dan aneka rantang bawaannya. 
Putu with Pelikan12345
Binatang kedua yang kami temui adalah Gajah Ganesha, tapi sayang rekreasi naik gajahnya lagi tutup, gajahnya lagi magerita mungkin yaaa, padahal kalo buka cukup bayar 7500 rupiah aja buat naik gajah yang super besar itu. 

Di sepanjang jalan ini kami liat beberapa pengunjung yang naik sepeda double alias sepeda tandem. Mental-mental ‘pengenan’ pun keluar. Akhirnya ketemu deh itu rentalan sepeda yang disponsori oleh polygon (sahabat masa kecilku) langsung deh kami masuk antrian. Cukup menyerahkan KTP + 15ribu rupiah udah bias menikmati naik sepeda tandem selama 1jam. Kalo sepeda biasa cukup 10ribu rupiah saja biaya sewanya, tinggal pilih.
IMG_20130629_130749
bersepeda bersama Putu
Unyuw juga naik sepeda berdua begini :3 satu jam itu kami habiskan untuk keliling Ragunan dari ujung ke ujung, liat beruang, singa, aneka burung, monyet, orangutan, dan beberapa binatang lain yang belum pernah saya liat sebelumnya seperti Buntorong yang bentuknya kayak kucing. Sayang ga ada Rubah Gumiho…

Setelah waktu sewa sepeda habis dan capek jalan-jalan, sorenya dihabiskan dengan duduk gulung-gulung di taman tengah yang ada patung orangutan gelantungan. Ada kolam air mancur, anginnya sepoi-sepoi sambil ngeliatin bocah-bocah unyuw lari-larian. Ah pasti seru kalo main kesini sama bapak ibuk dan naraya…
Taman
Sekitar jam 3 sore kami jalan keluar, begitu pula pengunjung lainnya, semuanya  berduyun-duyun jalan ke pintu keluar then ke shelter busway, mainstream banget emang. Tapi ternyata Putu punya ide cemerlang daripada harus desek-desekan ngantri naik busway, yup! Naik kopaja AC! Yang warna putih ijo itu lho… Bus ini jalurnya Ragunan-Monas, jadi kalo ke benhil gaperlu transit deh, lewatnya juga jalur busway, jadi jalannya aman lancar terkendali.
 
Cukup melelahkan sih, tapi percaya deh jalan-jalan ke kebun binatang itu ga malu-maluin kok, malah sangat menyenangkan dan unyu banget :3  Cukup terjangkau pula biayanya…
Busway : 3500
Air mineral : 5000 dapet 2
Tiket masuk : 4500
Sepeda tandem : 15000/jam
The botol : promo 10000 dapet 3
Pop mie : 7000
Kopaja AC : 5000

Jadi setelah hari itu Putu yang random pengen ke Ragunan (simak disini ceritanya), malemnya saya yang random pengen ke Kebun Raya Bogor besok :p



Jakarta, 05 July 2013 
Hesti Nuraini

This entry was posted on July 05, 2013 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply