Satu Bulan KP di Huawei

Empat minggu ‘bekerja’ di Huawei telah terlewati. Suka duka udah lumayan banyak lah. Pengalaman berharga yang didapat juga tidak sedikit. Minggu ini sudah memasuki Bulan Juli, yang artinya kesempatan menghabiskan waktu di Huawei tinggal setengah jalan.

Selama kurang lebih satu bulan ini kerjaan saya terhitung tidak sebanyak pekerjaan teman-teman internship yang lain. Jam kerja saya pun juga selalu teratur mulai 08.30-17.30 tiap Senin-Jumat. Nggak pernah harus stay di kantor sampe pagi kayak Danna atau Thariq, Nggak pernah juga harus ngantor di saat weekend kayak Putu atau Herdito.

Kerjaannya sendiri tidak terlalu rumit. Seringnya cuma disuruh research alias googling tentang suatu topik trus nanti materi itu dikasih ke mentor buat bahan presentasi atau meeting beliau. Tapi pernah juga sih saya disuruh bikin presentasi, cuma semacam ringkasan gitu sih mengenai strategi operator seluler di tahun 2013 yang bahannya dari annual report tiap perusahaan itu. Pekerjaan lainnya adalah melengkapi data financial tiap operator seluler, karena sudah masuk bulan Juni artinya analisis Quarter 2 perusahaan harus dibuat kan supaya Huawei bisa tau sejauh apa perkembangan industri telko yang terkini. Intinya kalo diringkas, seperti yang sudah saya jelaskan di post sebelumnya, kerjaan saya ga jauh-jauh dari googling dan ngepoin operator seluler via internet explorer (soalnya laptop gabisa diinstal chrome/modzilla), melengkapi data di ms.excel, dan bikin presentasi di ms.ppt.

Isi dokumen di laptop saya aja masih dikit kan? Belum ada apa-apanya kalo dibandingin isi foldernya Putu yang banyak banget dan tiap hari nambah.

folderkomputer kerja
Jadi sejauh ini ada 5 topik (lumayan) besar yang bias jadi bahan pertimbangan buat bikin laporan. Hah udah mikirin laporan aja? Iyadong kan laporan dikumpulin satu bulan setelah KP, dan saya pengennya abis KP mau liburan udah ga ngurus laporan jadi harus diselesaikan sesegera mungkin kan hehehe…
Saya memasukkan 5 topik tersebut ke dalam 5 folder:
1.    1. Strategi 2013.
Isinya adalah data dan presentasi yang saya buat tentang rencana dan strategi beberapa operator seluler di Indonesia tahun 2013 dan beberapa tahun setelahnya (Telkom, Telkomsel, XL, Indosat, Hutchison3, Axis, dan Smartfren). Ada juga data financial mereka selama 5-6 tahun terakhir.
2.      2. Data Tariff
Isinya tentang daftar harga tarif paket data dari tiap operator, summary, comparison, dan kelebihan serta kekurangan masing-masing dibandingkan dengan tarif industri.
3.      3. Consultancy
Nah si Huawei ini terutama CSD department mau bikin semacam jasa konsultan gitu di bidang IT, tapi masih dikaji mau business consultant atau network & IT consultant nya. Disini kemarin saya research tentang operator seluler itu udah pernah memakai jasa konsultan mana aja.
4.      4. E-Band
Kalo ini adalah teknologi terbaru yang pengen dikembangkan Huawei di Indonesia. E-band itu adalah komunikasi dengan menggunakan microwave di frekuensi 71-86 GHz. Dengan semakin terbatasnya frequency resource di Negara kita, teknologi ini diprediksi bakal jadi salah satu alternatif yang efektif. Negara-negara di Eropa dan Amerika udah banyak banget yang make teknologi ini. Bahkan Huawei Vietnam sama Australia aja udah bikin produk yang make teknologi ini.
5.      5. Indonesia Broadband Plan
Kalo yang ini agak berat, soalnya ngomongin negara. Jadi kemarin mentor saya akan presentasi ke Postel & Kominfo trus ngasih materi ini ke saya buat dipelajari juga. Intinya Huawei pengen take a part di program besar pemerintah ini. Oiya, masterplan pemerintah ini bakalan keren banget lho kalo bener-bener bisa terwujud.

Oke segitu dulu cerita (agak serius) tentang KP nya, minggu depan lanjut lagi mungkin kalo udah ada materi baru. Semangat! Tinggal satu bulan lagi!

Salam kerja keras dari Huawei!


Jakarta, 05 July 2013 
Hesti Nuraini

This entry was posted on July 05, 2013 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply