Balawan dan sekelumit memori tentangnya

Seringkali tanpa kita sadari, saat kita mendengarkan sebuah lagu, kita akan langsung teringat kepada orang-orang tertentu yang kita mempunyai kenangan tentang mereka. Beberapa lagu bahkan bisa membolak-balikkan perasaan kita, membuat kita bahagia, tertawa, sedih, atau bahkan sampai menangis. Untaian lirik yang berharmoni dengan alunan nada sebuah lagu memang bisa mempengaruhi perasaan kita, namun tidak jarang sebuah lagu bisa  menjadi sangat mengendalikan emosi kita karena kenangan bersama orang-orang tertentu yang berkaitan erat dengan lagu tersebut.

Oke, kita ambil contoh pada hal yang baru saja terjadi pada saya. Beberapa jam yang lalu saya menonton sebuah pertunjukan kebudayaan Bali dari kampus saya, Bali Kreasi Maha Gotra Ganesha ITB. Saat pertunjukan belum dimulai, kami disuguhi lagu-lagu milik musisi handal Balawan yang memang berasal dari Bali. Beberapa lagu yang diputar tanpa sadar membuat saya ikut bernyanyi dan mengikuti melodinya. Ya, saya hafal lirik lagunya tanpa pernah berusaha menghafal. Saya bernyanyi mengalir begitu saja. Setelah saya ingat-ingat darimana saya bisa begitu familiar terhadap lagu-lagu tersebut akhirnya saya menemukan jawabannya.

Seseorang di masa lalu saya sangat mengagumi Balawan ini. Seringkali saat kami bertemu ia memperdengarkan lagu-lagunya kepada saya. Bahkan sempat ia memberi saya sebuah CD berisi lagu-lagu karya Balawan dan beberapa musik instrumen jazz yang lainnya. Awalnya saya hanya sekedar mendengarkan lagu -lagu tersebut, tetapi lama kelamaan saya mulai menikmati jenis-jenis musik semacam itu. Musik jazz yang awalnya saya kira sangat membosankan, ternyata bisa sangat menenangkan hati, terutama untuk backsound belajar (ceilah).

Jadi bisa kita lihat kan betapa sebuah lagu bisa sangat mempengaruhi seseorang? Terkadang saat kita mendengarkan sebuah lagu yang mengusik kenangan kita, hal itu bukan melulu karena seseorang dalam kenangan tersebut, mungkin saja karena memang lagunya yang sudah terekam kuat dalam memori kita, karena liriknya yang mendalam, karena melodinya yang indah. Sebuah lagu tetaplah sebuah lagu. Biarkan lagu tersebut yang menjadi kenangan, bukan orangnya :)

Ini ada dua lagu Balawan yang menjadi favorit saya.

ARTI KEHIDUPAN
Kemenempuh sedalam lautan
Ku mencari arti kehidupan
Mendaki gunung kekecewaan
Melelahkan
Kau menjelma seperti hayalan
Kau impian dalam kenyataan
Perjalanan yang penuh likunya
Kini tlah tiba disisimu selamanya

Reff :
Engkau bukan yang pertama tapi pasti yang terakhir
Di cintamu kutemui arti hidupku

*bisa didengarkan atau diunduh di sini

SESAAT KAU HADIR
Engkau datang ketika aku jatuh bangun dan jatuh
Dalam langkah menyusuri kehidupanku yang kelam
Dan hampir hampir ku tak dapat melangkah lagi
Dirimu hadir bagaikan sinar menerangi jalanku
Kau tunjukan arah mana yang kini harus kutempuh
Agar ku tak sesat lagi seperti dulu

Reff :
Bersama bayanganmu kasih seakan akan ku terjaga dari mimpi mimpi
Dari kehidupan yang semu dan melenakanku
Membuat ku terlupa akan segala galanya
Hari ini hari ini aku mencoba berdiri dan melangkah lagi
Bila esok sinar mentari pagi kan bersinar lagi
Aku kan menuju cita cita yang pasti

 *bisa didengarkan atau diunduh di sini



Selamat mendengarkan :))


Bandung, 01 October  2012
Hesti Nuraini

This entry was posted on October 01, 2012 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply