One Step to Italy


Italia. Italiano. Italy.
Nama negara ini udah ga asing lagi di telingaku. Bukan karena aku sudah berkali-kali kesana. Bukan. Tapi karena sejak kecil aku udah akrab banget denger nama negara ini. Siapa lagi kalo bukan karena abangku satu-satunya yang tersayang itu. The most influence man in my life!

Pertama kali aku denger nama negara ini, lengkap beserta "Il Canto degli Italiani" (national anthem-nya Italia) adalah di ajang MotoGP. Kalo ga salah sih waktu itu abangku masih duduk di bangku SMP, jadi umurku kira-kira hmm... itung sendiri lah ya umur anak SMP dikurangi 8 tahun. Yah pokoknya waktu itu Valentino Rossi sering banget menang, jadi hampir tiap 2minggu sekali pasti denger itu lagu dan liat bendera hijau-putih-merah dikibarkan.
Dan di tiap race pasti abang ga henti-hentinya nyeritain tentang pembalap-pembalap MotoGP beserta negaranya, especially Italy.

Ga cuma sampe situ aja lho. Dari cabang F1 dan sepak bola juga ga kalah banyak cerita tentang Italy yang kudenger dari abang. Liga Serie-A juga jadi tontonan wajib (tiap kali TV dikuasai abang). Abang ngejagoin si garis-garis merah-hitam dan aku ga mau kalah dengan ngejagoin si garis-garis hitam-putih waktu itu k̶a̶r̶e̶n̶a̶ ̶p̶e̶m̶a̶i̶n̶n̶y̶a̶ ̶y̶a̶n̶g̶ ̶g̶a̶n̶t̶e̶n̶g̶. Puncaknya saat World Cup 2002, kita kompakan buat dukung Italy waktu itu (sayang ga menang) tapi terus dibales pas World Cup 2006 Italy yang jadi juaranya :D yeay! Selama kurun waktu itu (dari abang SMP sampai abang nikah) aku hafal hampir semua nama pembalap dan pemain bola asal Italy. Kenapa Italy doang? Entahlah... Abang cerita juga tentang negara-negara lain tapi yang nyangkut di hati cuma Italy ♥ dan impian terbesarku waktu itu adalah aku mau hidup di Italy suatu saat nanti ‎​\(´▽`)/‎​​

Namun semua berubah ketika negara api menyerang... Enggak ding... Semua berubah ketika abang udah nikah. Ga ada lagi cerita-cerita itu di rumah. Ditambah kesibukan masa SMA + nyiapin masuk kuliah, udah deh ilang semua nama-nama itu :( yang aku inget cuma pizza spagheti dan pasta-pasta lain yang sampe sekarang masih jadi makanan favoritku. Apalagi setelah aku kuliah di ITB, udah bener deh ilang sesuatu yang pernah jadi impian terbesarku itu. Padahal seharusnya kesempatan itu terbuka lebar lho buatku setelah kuliah disini. Tapi karena dipengaruhi oleh tekanan di bidang akademik maupun non-akademik yang kualami disini, yang mungkin menyebabkan aku kehilangan mimpiku itu, hmmm... atau lebih tepatnya aku takut untuk memimpikannya (lagi). 
Aku pengen ke Italy. Pengen banget! Tapi ya pengen-pengen aja. Udah gitu doang. Ga ada harapan lebih. Ga ada lagi impian yang menggebu-gebu buat mewujudkannya. Sangat kontra dengan apa yang selama ini aku gembar-gemborkan dalam berbagai tulisanku di sebuah majalah penyemangat anak SMA untuk masuk ITB, untuk selalu bermimpi dan mewujudkannya. Oke, kali ini kau boleh memanggilku munafik karena aku gabisa ngelakuin apa yang aku omongin sendiri. Dan aku cukup sedih karenanya.

Tiba-tiba aku teringat masa-masa aku kelas 3 SMA. Waktu itupun aku gapernah punya mimpi buat kuliah disini, tapi ngeliatin temen-temen sekelas yang punya mimpi buat kuliah di universitas favorit bahkan pengen kuliah di luar negri, akupun jadi terpacu buat punya mimpi yang nggak kalah tinggi!
Oke, begitu juga sekarang. Temen-temen kuliahku, makin macem-macem mimpinya. Si A yang lagi nabung karena pengen kuliah di Jepang langsung setelah lulus dari sini, Si B yang pengen jadi mapres biar bisa S2 sama S3 di MIT, Si C yang udah mulai belajar Bahasa Korea biar bisa kesana sesegera mungkin, Si D yang udah cari beasiswa sana-sini buat ngelanjutin kuliah di Belanda, sampe Si L yang udah latian backpackeran sendiri biar bisa jalan-jalan keliling dunia. Then, where am I? Masih stuck disini dengan kehidupan yang gitu-gitu aja. Pity, I said!

Sampai akhirnya... tiga hari yang lalu aku ke toko buku dan menemukan sebuah buku anak-anak yang ngingetin aku lagi ke mimpiku. Bukunya semacam cerita edukasi gitu. Judulnya "Ayo berkunjung ke Italia". Di dalemnya ada gambar 2 anak kecil yang lagi jalan-jalan dan ngenalin tempat-tempat wisata dan bersejarah yang ada di Italy, ada beberapa cerita singkat juga tentang tokoh-tokoh terkenal Italy. Aku baca sampai habis buku itu, di tempat itu, saat itu juga. Rasanya kayak nostalgia ke masa kecilku. Rasanya kayak aku diingetin "Hey Benny, ini lho kamu masih punya mimpi! Ayo dikejar! Ayo lari sampe ke Italy!"



Solo, 17 Agustus 2012. 

Hesti Nuraini
18110030
Teknik Telekomunikasi 2010
Institut Teknologi Bandung

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!




This entry was posted on August 18, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply